Ganjar: Pandemi Covid-19 Tingkatkan Kemiskinan dan Pengangguran di Jateng

Kompas.com - 17/06/2021, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pandemi Covid-19 meningkatkan angka kemiskinan dan pengangguran di wilayahnya.

Menurut dia, meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguan ini terjadi sejak pandemi Covid-19 masuk ke Tanah Air tahun 2020.

“Maka kemiskinannya meningkat, angka penganggurannya meningkat,” kata Ganjar kata Ganjar dalam webinar virtual bertajuk “Kebijakan Pemerintah Daerah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19” pada Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Ganjar Sebut Jawa Tengah Krisis Tenaga Kesehatan akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Menurut Ganjar, 65.874 pekerja terdampak Covid-19. Namun, ia tidak merinci dampak seperti apa yang dimaksudkannya.

Kemudian, ada 11.438 pekerja terkena PHK serta 36.132 pekerja dirumahkan.

Ganjar juga menyampaikan, setidaknya ada 440 yang terdampak secara ekonomi sejak tahun 2020.

Mayoritas perusahaan itu bekerja di bidang garmen, tekstil, hingga mebel.

“Sejak 2020, ada 440 perusahaan garmen tekstil, mebel, ada apa namanya, barecore yang itu tercatat cukup serius,” ujar dia.

Selain itu, Ganjar mengatakan, pandemi Covid-19 membuat tenaga kerja dan konsumsi di berbagai sektor menjadi tidak terserap.

Baca juga: Ganjar Sempat Panik Ketika Kudus Alami Lonjakan Kasus Covid-19

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah turut memberikan dorongan berupa pelatihan hingga insentif kepada para interpreneur atau start-up.

“Ini lah yang kemudian kita menyorot bagaimana interpreneourship sekarang kita dorong dan kita mencoba melakukan pelatihan dan pendampingan pendampingan termasuk mmberikan insentif pada start-up bisnis,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.