Kompas.com - 14/06/2021, 17:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyatakan akan menyediakan kuliah gratis untuk anak-anak Indonesia jika terpilih sebagai presiden RI pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Giring merupakan calon presiden yang diusung oleh PSI untuk pilpres tiga tahun mendatang.

"Setelah SD, SMP, SMA gratis. Kini saatnya kuliah gratis. Ini saatnya kita membangun fondasi yang lebih kokoh untuk memastikan kemajuan negeri ini," kata Giring dalam keterangannya, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Giring Ganesha Bakal Gratiskan Kuliah jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Hal tersebut juga disampaikan Giring melalui video yang ditayangkan di akun media sosial DPP PSI, Senin.

Menurut Giring, saat ini kuliah bagi banyak orang yang tidak mampu dianggap sebagai sesuatu yang tidak terjangkau, bahkan terhitung mewah.

Berniat mengadakan kuliah gratis jika terpilih, Giring menyebut tak akan ada uang yang terbuang sia-sia jika dibelanjakan untuk membekali anak bangsa.

"Kuliah akan mendorong anak-anak Indonesia berkembang lebih percaya diri dan memiliki kemampuan untuk mengejar cita-cita. Menambah motivasi mereka untuk meningkatkan kualitas diri," ucap dia. 

Selain itu, kuliah dinilainya memperkuat profil dan membuat anak muda Indonesia mendapat gaji atau pendapatan yang lebih baik.

Oleh karena itu, Giring berpandangan bahwa jika semakin banyak anak muda yang kuliah, masa depan Indonesia akan lebih baik.

Soal PPN pendidikan

Giring juga menyampaikan pandangannya tentang rencana pemerintah menarik pajak pertambahan nilai (PPN) dari sektor jasa pendidikan.

Baca juga: Giring Ganesha Mengaku Setiap Hari Pikirkan Cara Sukses pada Pemilu 2024

Saat dihubungi, Giring mengaku menyadari bahwa isu tersebut telah membuat keberatan beberapa pihak, di antaranya Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Namun, di sisi lain, dia juga memahami bahwa pemerintah tengah membenahi sistem perpajakan di Indonesia.

"Agar tidak simpang siur, seperti juga PPN sembako, saya meminta pemerintah dalam hal ini Ibu Menteri Keuangan untuk membuka dan menjelaskan kepada publik tentang rencana perbaikan sistem perpajakan kita," kata Giring saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Pilpres 2024, Giring Ganesha: Perjuangan Mulai dari Sekarang kalau Mau Menang

Sebab, menurut dia, informasi yang sepotong-sepotong justru dapat merugikan pemerintah sendiri.

"Seolah pemeritnah menambah susah kehidupan rakyat miskin dan lembaga-lembaga sosial-keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah," ucap Giring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.