Kompas.com - 25/05/2021, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengajak semua elemen masyarakat untuk memperkokoh kemanusiaan dan persaudaraan pada momentum Waisak 2565 yang jatuh pada Rabu (26/5/2021).

Ia mengatakan, perayaan Waisak 2565 ini memiliki pesan penting untuk mencintai kemanusiaan yakni cinta terhadap sesama apapun latar belakang dan kelas sosialnya.

"Kemanusiaan dan kebaikan adalah inti dari ajaran Buddha. Dalam ajaran Buddha, Jalan Utama Beruas Delapan adalah jalan pembebasan yang memperkuat harkat dan martabat kemanusiaan," kata Muhaimin dalam keterangannya, Selasa (25/5/2021).

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menambahkan, apalagi saat ini dampak pandemi Covid-19 dirasakan begitu dalam oleh masyarakat.

Baca juga: Tradisi Perayaan Waisak di Borobudur Sebelum Pandemi Covid-19

Sehingga, lanjutnya, kebaikan dan solidaritas kemanusiaan semakin penting untuk diwujudkan bersama.

"Seperti pesan Gus Dur kepada kita bahwa tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa berbuat baik untuk semua orang, orang tidak tanya apa agamamu," jelasnya.

Menurut Cak Imin, pesan tersebut juga sudah disampaikan Buddha sejak ribuan tahun sebelumnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, semangat menjunjung tinggi kemanusiaan akan terwujud dengan semakin kuatnya persaudaraan yang menjadi syarat utama kesejahteraan suatu bangsa.

Ia menilai, kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia merupakan takdir Tuhan yang menjadi kekuatan dan modal besar bersama.

Untuk itu, jika ada manusia yang merusak kekuatan tersebut, maka sama saja mengingkari takdir Tuhan.

"Mari kita rawat Indonesia sebaiknya dengan pengabdian kepada manusia-manusia di dalamnya," ucapnya.

Baca juga: Menag: Kapasitas Peserta Sembahyang Saat Waisak Maksimal 30 Persen

Lebih lanjut, Cak Imin juga mengungkapkan bahwa Waisak memiliki pesan untuk mengajak manusia agar bersama mengatasi penderitaan sosial yang ada.

Cara mengatasinya, kata dia, dengan cinta dan kebaikan, bukan dengan permusuhan.

Terakhir, Cak Imin mengucapkan Selamat Hari Waisak bagi segenap umat Buddha di Indonesia.

"Selamat Waisak untuk segenap umat Buddha dan doa kami agar Waisak membawa kebaikan bagi segenap rakyat dan memperkuat rasa persaudaraan kita semua anak bangsa," pungkas Muhaimin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.