Kompas.com - 24/05/2021, 10:31 WIB
Tim pengelola aset Wakaf Dompet Dhuafa menerima amanah 10 tempat tidur untuk melengkapi ruang ICU di RS Hasyim Asy'ari di Jombang, Jawa Timur. Wakaf yang bergulir dari PT. Mulya Prima Teknik General Contractor and Supplier tersebut, diterima tim Dompet Dhuafa pada Kamis (20/5/2021) dan langsung dikirim ke Jombang. DOK. Humas Dompet DhuafaTim pengelola aset Wakaf Dompet Dhuafa menerima amanah 10 tempat tidur untuk melengkapi ruang ICU di RS Hasyim Asy'ari di Jombang, Jawa Timur. Wakaf yang bergulir dari PT. Mulya Prima Teknik General Contractor and Supplier tersebut, diterima tim Dompet Dhuafa pada Kamis (20/5/2021) dan langsung dikirim ke Jombang.

KOMPAS.com – Lembaga filantropi Islam Dompet Dhuafa menginisiasi program wakaf alat kesehatan (alkes).

Hal itu dilakukan Dompet Dhuafa sebagai upaya mengatasi minimnya ketersediaan alkes di Rumah Sakit (RS) Wakaf Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa menggunakan konsep patungan wakaf agar alkes yang harganya mahal dapat segera tersedia bagi masyarakat dhuafa yang membutuhkan.

General Manager Fundraising Wakaf Dompet Dhuafa Bobby Manullang mengatakan, pihaknya ingin menggugah setiap cabang donasi dalam filantropi Islam, termasuk wakaf, bahwa masyarakat sudah mengenal zakat dan sedekah.

"Selain mencukupi kebutuhan alkes, program ini juga mengenalkan konsep wakaf lebih lanjut kepada masyarakat, “terangnya.

Dia mengatakan itu dalam acara wakaf alkes yang dilakukan PT Mulya Prima Teknik General Contractor and Supplier dan disalurkan melalui Dompet Dhuafa di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Tanggap Darurat Bantu Palestina, Dompet Dhuafa Fokus pada 3 Program Kemanusiaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lewat program ini, imbuhnya, Dompet Dhuafa mengenalkan spektrum lebih luas dari penghimpunan wakaf beserta manfaatnya. Secara fikih, pengadaan alkes dibenarkan untuk dihimpun berbasis wakaf.

“Karena alkes punya manfaat dan nilai pakai dalam beberapa waktu tertentu, maka termasuk wakaf khairi yang manfaatnya berlangsung. Sehingga dapat dijadikan sebagai dasar penghimpunan wakaf,” ujarnya seusai menerima wakaf alkes tersebut.

Selama ini, kurangnya literasi masyarakat terkait wakaf menyebabkan wakaf masih dipandang sebelah mata. Masyarakat umumnya mengenal wakaf sebagai tindakan memberikan tanah untuk dibangunkan masjid, makam, atau madrasah.

Padahal, wakaf memiliki arti luas dan dapat diperuntukkan sebagai pembangunan infrastruktur RS termasuk pengadaan alat-alat kesehatannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.