Vaksin CanSino Digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong, Bagaimana Status Izin Daruratnya?

Kompas.com - 20/05/2021, 15:51 WIB
Ilustrasi vaksin CanSino. Vaksin yang dikembangkan CanSino Biologics Inc ini berasal dari China, menjadi salah satu vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong di Indonesia. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin CanSino. Vaksin yang dikembangkan CanSino Biologics Inc ini berasal dari China, menjadi salah satu vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan, vaksinasi gotong royong sudah berjalan sejak 18 Mei 2021.

Ia mengatakan, sebanyak 69.730 dosis vaksin Sinopharm sudah diberikan kepada perusahaan yang terlibat.

"Kemarin ada 69.730 dosis, ini sudah diberikan vaksinasi kepasa perusahaan yang terlibat, kami harap tahap pertama 500.000 dapat dipercepat bulan Juni," kata Honesti dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX secara virtual, Kamis (20/5/2021)

Baca juga: Dinkes DKI Tunjuk 9 Faskes Jadi Lokasi Vaksinasi Gotong Royong

Honesti mengatakan, selain vaksin Sinopharm, vaksinasi gotong royong juga menggunakan vaksin asal China yaitu CanSino.

Ia mengatakan, vaksin CanSino ini menggunakan platform adenovirus dan akan mulai dikirim ke Indonesia pada bulan Juli 2021 secara bertahap.

"Di mana dijadwalkan 3 juta dosis akan dikirim bulan Juli sampai September dan sisanya dikirim pada Q-4 2021," ujar dia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong, Dinkes DKI Bertugas Terima Data dan Cek Kelayakan Faskes

Terkait izin penggunaan darurat atau emergency use euthorization (EUA) vaksin CanSino, Honesti menargetkan izin penggunaan darurat akan dikeluarkan BPOM sebelum vaksin tersebut dikirim ke Indonesia.

"Status EUA kita lakukan rolling submissiom ke BPOM, sebelum vaksin datang kita sudah dapat EUA-nya dari BPOM," ucap dia.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.