Jokowi Ingin Masyarakat Gunakan Internet secara Bertanggung Jawab

Kompas.com - 20/05/2021, 11:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pelaksanaan vaksinasi dapat melindungi seluruh masyarakat dari penularan Covid-19. HUMAS PEMPROV KEPRIPresiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pelaksanaan vaksinasi dapat melindungi seluruh masyarakat dari penularan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan literasi digital kepada masyarakat dan generasi muda.

Tujuannya, agar semua pihak dapat menggunakan internet dengan bertanggung jawab.

"Kita terus meningkatkan literasi digital untuk menyiapkan masyarakat. Terutama generasi muda agar menggunakan internet dengan baik, aman, bertanggung jawab, bebas dari misinformasi dan disinformasi, memerangi hoaks, berita bohong," ujar Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Peluncuran Program Digital Nasional yang ditayangkan Kominfo TV, Kamis (20/5/2021).

Jokowi melanjutkan, literasi digital yang baik akan mendorong pemanfaatan teknologi digital ke arah yang positif, meningkatkan produktivitas, memudahkan pembelajaran jarak jauh, serta mendorong berbagai aksi sosial yang positif.

Sebagai contoh, kegiatan filantropi, donasi untuk kemanusiaan, meningkatkan gerakan kepedulian, solidaritas, dan gotong royong.

Baca juga: Jokowi Ingin Internet Diisi Konten Mendidik dan Menyejukkan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, lanjut Kepala Negara, kejahatan di ruang digital terus mengalami peningkatan. Bentuk-bentuk kejahatan itu, menurutnya, menjadi tantangan dan dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Misalnya, hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual kepada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, dan radikalisme berbasis digital.

Bentuk-bentuk kejahatan seperti itu, menurut Jokowi, perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Jokowi mengingatkan semua pihak untuk terus meminimalisasi konten negatif di dunia digital dengan mengajak masyarakat membanjiri ruang digital lewat konten-konten yang positif.

"Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik, menyejukkan, yang menyerukan perdamaian," tegas Presiden.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.