Kompas.com - 20/05/2021, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, ancaman penularan Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Hal itu ia sampaikan saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Provinsi Riau.

Menurut Presiden, manajemen pengendalian Covid-19 harus terus dikakukan.

"Perlu saya sampaikan bahwa ancaman penyebaran Covid-19 itu belum berakhir. Manajemen pengendalian ini berada di gubernur dan jajarannya beserta pangdam dan kapolda dengan jajarannya, bupati wali kota beserta danrem, dandim, kapolres beserta jajarannya," ujar Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Kepri, Jokowi: Kalau Vaksin Habis, Telepon Pak Menkes...

Sehingga, apabila semua pihak rukun dan berkoordinasi secara baik saat rapat maupun di lapangan, persoalan penanganan Covid-19 akan menjadi mudah.

Jokowi mengingatkan, pengalaman penanganan Covid-19 di tingkat nasional mengajarkan koordinasi yang baik.

"Ini dari pengalaman kita di tingkat nasional maupun di provinsi, kabupten dan kota yang kita lihat dan kita amati," tuturnya.

Jokowi mencontohkan, pada Februari 2021, kasus aktif Covid-19 secara nasional ada 176.000. Kemudian hingga saat ini, jumlah kasus aktif Covid-19 secara nasional sebesar 87.000.

"Penurunannya 50,5 persen. Ini berkat kerja keras Bapak, Ibu, saudara-saudara sekalian. Kuncinya di PPKM skala mikro yang bergerak di tingkat paling bawah ini yang kita punyai," tambah Jokowi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik di Sejumlah Provinsi, Jokowi Tekankan Lagi Penggunaan Masker

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.