Kompas.com - 28/04/2021, 13:36 WIB
Ketua Bawaslu Abhan di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Selasa (10/12/2019). KOMPAS.com/ DIAN ERIKA Ketua Bawaslu Abhan di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Selasa (10/12/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI pada Rabu (28/4/2021).

Adapun rapat itu digelar dalam rangka persiapan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Nabire tahun 2020.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama dengan KPU dapat menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka untuk PSU Kabupaten Nabire dan penyerahan hasil data sinkronisasi untuk keperluan PSU Kabupaten Nabire," kata Ketua Bawaslu Abhan, dalam rapat yang disiarkan secara daring.

Baca juga: Logistik untuk PSU Pilkada Kota Banjarmasin Segera Didistribusikan

Abhan mengatakan, berdasarkan tindaklanjut amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU sudah menetapkan jadwal PSU Nabire, yakni 14 Juli 2021.

Ia pun menyambut baik rapat dan penyerahan sinkronisasi data pemilih untuk Pilkada di Nabire sebagai rangkaian dari proses PSU.

"Nantinya kami akan melakukan pengawasan betul di dalam coklit ini agar betul-betul data pemilih PSU ini betul-betul data yang riil, yang memang orang-orang yang berhak menggunakan hak pilihnya di hari H pemungutan suara ulang di Nabire," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Abhan melanjutkan, digelarnya PSU lantaran MK menilai ada persoalan dalam daftar pemilih tetap (DPT). 

Baca juga: Jadwal PSU Pilkada Nabire dan Boven Digoel Sudah Ditentukan, Anggaran yang Dibutuhkan Rp 47 M

Maka dari itu, ia menyambut baik penyerahan sinkronisasi data agar nantinya pelaksanaan PSU di Nabire berjalan dengan baik.

"Dan harapan kita semua bahwa pasca PSU ini sudah selesai, tidak ada lagi PSU-PSU kembali," ucap dia.

Abhan pun berharap koordinasi dengan KPU tidak hanya terjadi dalam proses PSU di Nabire, tetapi juga di 16 daerah lainnya yang juga diperintahkan MK melaksanakan PSU.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.