Kompas.com - 22/04/2021, 15:03 WIB
Fadjroel Rachman usai ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus Juru Bicara Presiden KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMFadjroel Rachman usai ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus Juru Bicara Presiden

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman meminta masyarakat bersabar menunggu kepastian reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju.

Ia belum dapat memastikan apakah reshuffle dilakukan sebelum atau sesudah Lebaran 2021.

"Kapan, siapa, sekali lagi hanya Presiden Joko Widodo dan Allah SWT yang tahu," kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Istana: Reshuffle Sasar Pembentukan dan Perubahan Kementerian, Tujuannya Efisiensi

Ketika ditanya tentang kemungkinan reshuffle digelar pada Rabu Pon atau Rabu Pahing, Fadjroel juga belum dapat memberikan jawaban.

Fadjroel mengaku, dalam pertemuan terakhirnya dengan Jokowi pada Selasa (20/4/2021) lalu, sama sekali tak ada pembicaraan ihwal reshuffle atau perombakan kabinet.

Adapun, Rabu Pon dan Rabu Pahing disebut-sebut sebagai hari istimewa lantaran beberapa keputusan penting diambil Jokowi pada penanggalan Jawa tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita bahkan belum tahu soal ini, karena saya sudah mengatakan tadi pada hari Selasa lalu sama sekali kami tidak membicarakan apa pun tentang hal tersebut," ujar Fadjroel.

Baca juga: Istana Pastikan Reshuffle Kabinet Jokowi Belum Akan Digelar dalam Waktu Dekat

Fadjroel mengatakan, sejauh ini reshuffle akan menyasar Kementerian Investasi sebagai instansi baru dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang rencananya dilebur dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Sebab, rencana pembentukan dua kementerian itu telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Namun, ia kembali menegaskan bahwa perihal siapa saja dan berapa banyak menteri yang dirombak, sepenuhnya menjadi kewenangan Presiden.

Fadjroel hanya memastikan bahwa menteri baru yang akan dipilih merupakan putra putri terbaik Indonesia.

"Jadi mengenai kapan, siapa, berapa banyak, apakah akan ada perombakan dan lain-lain itu kita tunggu saja dari Presiden Jokowi secara langsung," kata Fadjroel.

Baca juga: Sekjen PDI-P Ungkap Isi Pertemuan Nadiem dan Megawati, Tepis soal Reshuffle

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.