Puan Maharani Ajak Generasi Muda Bangun Cerita Baru dari Kisah Hidup Kartini

Kompas.com - 21/04/2021, 21:00 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, selama masa pandemi Covid-19. DPR berperan penting membuat sejumlah peraturan yang memberi ruang fiskal lebar bagi pemerintah. DOK. Geraldi/Man (dpr.go.id)Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, selama masa pandemi Covid-19. DPR berperan penting membuat sejumlah peraturan yang memberi ruang fiskal lebar bagi pemerintah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani mengatakan, kisah hidup Raden Ajeng Kartini dan para pahlawan di masa lalu telah menginspirasi masyarakat Indonesia yang hidup di masa kini.

Maka dari itu, Puan mengajak generasi muda Indonesia mengambil inspirasi dari kisah tersebut dan menggunakannya untuk membangun cerita baru.

Kelak, cerita di masa kini pun akan berguna bagi kemajuan Indonesia di masa depan.

"Seperti cerita Kartini dan para pahlawan di masa lalu, telah menginspirasi kita di masa kini. Maka sekarang saatnya kalian dan kita semua membuat cerita-cerita baru yang akan menginspirasi generasi masa depan untuk menghadirkan kemajuan Indonesia," kata Puan dalam pidato pembukaan Talkshow peringatan Hari Kartini bertajuk "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini", Rabu (21/4/2021).

Ketua DPR RI ini menjelaskan makna dari kisah hidup Kartini yang menginspirasi generasi-generasi setelahnya.

Baca juga: Peringatan Hari Kartini, Menteri PPPA Ajak Perempuan di Tanah Air Teruskan Perjuangan dan Semangat Kartini

Menurut Puan, kisah hidup Kartini telah menunjukkan bahwa terdapat cerita perempuan yang turut andil dalam sejarah perjuangan Indonesia.

"Kisah Raden Ajeng Kartini menunjukkan bahwa dalam history atau sejarah, Indonesia banyak terdapat her-story atau cerita perempuan. Cerita kegigihan banyak perempuan Indonesia yang berjuang untuk Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak zaman perjuangan hingga masa kini, telah banyak cerita perempuan yang berjuang dengan caranya masing-masing.

Puan menyebut cerita-cerita perempuan Indonesia yang hadir dalam perjuangan mulai dari menjadi teladan pendidikan dan perjuangan hak-hak perempuan.

Menurutnya, cerita-cerita itu merupakan cerita visioner untuk memajukan Indonesia dalam hal pendidikan dan hak perempuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X