Kompas.com - 21/04/2021, 06:20 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memberikan empat tips bagi masyarakat yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Pertama, masyarakat disarankan tidur cukup dengan kualitas yang baik.

"Upayakan istirahat cukup. Mungkin istirahat kita waktunya lebih pendek karena kita kan ibadah Ramadhan saat malam hari. Tetapi usahakan istirahatnya yang berkualitas," ujar Nadia saat dijumpai di Kemenkes, Selasa (20/4/2021).

Kedua, Nadia meminta masyarakat tidak berpikir terlalu berpikir keras soal efek samping vaksin Covid-19 maupun hal lain.

Baca juga: Ahli Gizi Ungkap 10 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Sebab hal itu dapat memicu stress sehingga menyebabkan kondisi tubuh kurang ideal untuk menerima vaksin.

"Jangan mikir macam-macam, kurangi stress," lanjut Nadia.

Ketiga, saat sahur masyarakat disarankan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan minum yang cukup.

Keempat, jika meraskaan efek samping setelah disuntik vaksin, masyarakat bisa istirahat atau tidur sebentar.

"Sehingga tetap bisa mempertahankan puasanya," tutur Nadia.

Baca juga: Ramadhan di Swiss, Mahasiswa S3 Ini Puasa Tapi Nggak Terasa Lapar

Lebih lanjut Nadia menjelaskan, vaksin Covid-19 dan kegiatan puasa memiliki manfaat yang sama.

Keduanya sama-sama mendorong regenerasi sel tubuh agar berfungsi lebih baik.

"Sebenernya vaksin tidak mempengaruhi kesehatan seseorang yang sedang berpuasa ya. Jadi karena keduanya memiliki tujuan dan manfaat yang sama. Sebab puasa mengistirahatkan saluran pencernaan kita," ujar Nadia di Kantor Kemenkes, Selasa (20/4/2021).

"Kemudian dengan berpuasa sel-sel tubuh kita beregenerasi lebih baik. Kita juga telah ketahui vaksin ini aman diberikan bahkan saat berpuasa sekali pun," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X