Kompas.com - 19/04/2021, 10:52 WIB
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga saat peresmian gedung UPTD PPPA di Mataram, NTB KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDKementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga saat peresmian gedung UPTD PPPA di Mataram, NTB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga berharap Forum Anak dapat dibentuk hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

Menurut Bintang, anak-anak juga harus berperan dalam pembangunan bangsa sebagai bentuk partisipasi mereka.

Forum Anak menjadi salah satu wadah untuk dapat menyalurkan aspirasi anak-anak tersebut.

"Hak partisipasi ini diharapkan dimanfaatkan sebaik-baiknya, anak-anak Indonesia tidak hanya sebagai penikmat pembangunan tetapi juga ikut berperan dalam pembangunan itu sendiri," kata Bintang dikutip dari siaran pers, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Menteri PPPA Apresiasi Sekolah Perempuan di Lombok Utara yang Dikelola Penyintas Bencana

Bintang juga berharap anak-anak di dalam Forum Anak tingkat daerah atau kabupaten, terus menggelorakan pembentukan Forum Anak di tiap kecamatan maupun tiap desa.

"Selama ini partisipasi anak di tingkat kecamatan dan desa terbilang sangat kecil," ujar Bintang.

Ia mengatakan, pembentukan Forum Anak hingga tingkat desa dan kecamatan itu akan sangat tergantung dengan peranan pimpinan daerah.

Oleh karena itu, Bintang pun mengimbau agar para pemimpin daerah dapat membentuk Forum Anak di tingkat bawah tersebut.

"Kemudian melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan terkait pembangunan di daerah masing-masing," kata dia.

Baca juga: Kemen PPPA: Jangan Anggap Enteng Gangguan Psikososial pada Anak dan Remaja

Apabila Forum Anak terbentuk di tingkat desa dan kecamatan, kata dia, maka mereka pun bisa dilibatkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

Lebih jauh, Bintang juga mengingatkan agar anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak dapat menjadi contoh bagi teman sebayanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X