RI Tuan Rumah KTT G20, Menteri PPPA Tegaskan Komitmen Pemberdayaan Perempuan

Kompas.com - 13/04/2021, 13:43 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengunjungi Waingapu, Sumba awal Juli untuk membahas permasalah kawin tangkap. BBC News IndonesiaMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengunjungi Waingapu, Sumba awal Juli untuk membahas permasalah kawin tangkap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menegaskan bahwa komitmen Pemerintah Indonesia dalam pemberdayaan perempuan sangat tinggi.

Hal tersebut disampaikan menyusul Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali pada 2022 mendatang.

Rangkaian KTT tersebut akan dilaksanakan G20 Empower yang bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan mendukung kemajuan kepemimpinan perempuan di sektor swasta.

"Komitmen pemerintah sudah jelas yaitu membangun dunia yang inklusif dan setara, termasuk dalam pemberdayaan perempuan pun sangat tinggi," ujar Bintang dikutip dari siaran pers, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Menteri PPPA: Implementasi Kesetaraan Gender pada Inpres 9/2000 Masih Sebatas Wacana

Bintang mengatakan, komitmen Indonesia terhadap itu sudah dimulai jauh sebelum adanya G20.

Hal tersebut masih terus berlangsung hingga sekarang demi mencapai kesetaraan dan pemberdayaan perempuan yang lebih baik.

Lebih jauh, Bintang juga menyambut baik terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan KTT G20.

Pihaknya juga siap terlibat aktif dalam pelaksanaan G20 Empower tersebut.

Baca juga: Kementerian PPPA: Perempuan Rentan Terlibat dalam Terorisme

Keanggotan G20 Empower saat ini diwakili oleh focal point yang terdiri dari perwakilan pemerintah, organisasi bisnis, dan dunia usaha.

Adapun focal point Indonesia terdiri dari perwakilan Kemen PPPA, perwakilan KADIN dan IWAPI, serta perwakilan PT XL Axiata.

Focal point tersebut dipilih karena menunjukkan dukungan kuat terhadap kesetaraan gender dalam pengelolaan sumber daya manusia dan kepemimpinan di perusahaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X