Kompas.com - 12/04/2021, 15:32 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat meninjau lokasi titik Istana Negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/4/2021). KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYAMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat meninjau lokasi titik Istana Negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/4/2021).

PENAJAM, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan lokasi titik Istana Negara untuk calon ibu kota negara (IKN) yang baru berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/4/2021).

Kehadiran Suharso itu juga bertepatan dengan hari ulang tahun Bappenas yang ke-74.

"Hari ini Senin 12 April 2021, Insya Allah ini titik nol titik istana ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur," kata Suharso saat meninjau lokasi ibu kota negara baru, Kalimantan Timur, Senin (12/4/2021) siang.

Baca juga: Pemerintah Izinkan Swasta Undang Asing Bangun Ibu Kota Baru

Suharso juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bappenas yang ke-74. Dia berharap, dengan ditentukannya titik Istana Negara untuk calon IKN, Bappenas tetap menjadi lembaga perencana pembangunan nasional yang memiliki akar kuat.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga berharap, Bappenas di hari ulang tahunnya mampu terbuka dengan gagasan-gagasan baru dalam perencanaan pembangunan. 

Hal ini, kata dia, dapat menjadi modal guna mewujudkan cita-cita menuju Indonesia maju.

Lebih lanjut, Suharso juga mengajak seluruh generasi yang ada di Bappenas untuk bergandengan tangan bekerja untuk membangun Indonesia.

Baca juga: Menteri PPN Harap Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ibu Kota Baru Dapat Dilaksanakan Saat Ramadhan Ini

"Sekali lagi, bersama generasi tua, muda dan semua pemangku kepentingan untuk kepentingan nasional kita. Saya mengajak kita bergandengan tangan, menyingsingkan lengan, bekerja untuk Indonesia tercinta. Selamat ulang tahun Bappenas," pungkas Suharso.

Pantauan Kompas.com, lokasi calon ibu kota negara ini berada di lingkungan kawasan hutan tanaman industri milik PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Lokasinya berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X