Sebelum Wafat, Daniel Dhakidae Ingin Buat Majalah Prisma Edisi 50 Tahun

Kompas.com - 11/04/2021, 19:30 WIB
Akademisi dan mantan Kepala Litbang Kompas Daniel Dhakidae KOMPAS/WISNU WIDIANTOROAkademisi dan mantan Kepala Litbang Kompas Daniel Dhakidae

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Didik J Rachbini mengungkap keinginan pengasuh majalah akademi Prisma, Daniel Dhakidae, yang wafat beberapa waktu lalu.

Daniel merupakan salah satu tokoh pendiri Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), lembaga yang menerbitkan Prisma. 

Menurut Didik, sebelum meninggal dunia, Daniel berkeinginan menerbitkan majalah Prisma edisi 50 tahun yang out of the box.

"Tiga hari sebelumnya (wafat), komunikasi dengan saya tapi tidak bisa telepon karena suaranya serak dan dia ingin membuat Prisma edisi 50 tahun. Harus out of the box dan besar," kata Didik dalam webinar LP3ES, Minggu (11/4/2021).

Didik mengatakan, saat itu Daniel mengungkapkan agar perencanaan untuk merealisasikan itu cukup dijalankan selama setengah tahun atau 4-5 bulan saja.

Baca juga: Kenang Daniel Dhakidae, Sekjen PDI-P: Sosok Intelektual Kritis yang Konsisten

Namun meskipun sudah ada rencana demikian, Didik mengaku tidak mengetahui apakah mendiang sudah memiliki tulisan untuk mengisi edisi majalah tersebut atau belum.

"Daniel ini semangatnya tak pernah padam dan sebelum itu, dia punya proyek besar yaitu menjadikan Prisma dokumen IT, software yang bisa diakses tanpa harus datang ke sana. Karena Prisma edisi 1 sampai sekarang itu pemilihan ahli ilmu-ilmu sosial politik ada di situ dan jadi refleksi keilmuan," ucap dia.

Dikutip dari Kompas.id, Daniel Dhakidae adalah seorang cendekiawan yang banyak berkiprah di bidang sosial dan politik. Kiprahnya terlihat saat aktif dalam redaksi majalah Prisma, LP3ES, serta divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas.

Dia juga menulis sejumlah buku yang berkontribusi bagi jurnalisme dan ilmu politik (Kompas, 7/4/2021).

Daniel meninggal dunia akibat serangan jantung. Ia berpulang pada Selasa (6/4/2021) pagi di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X