Kompas.com - 09/04/2021, 14:23 WIB
Ketua DMI Jusuf Kalla saat menghadiri pencangan program masjid sebagai sentra vaksinasi Covid-19, Jumat (9/4/2021) di Kota Depok. Dok. DMIKetua DMI Jusuf Kalla saat menghadiri pencangan program masjid sebagai sentra vaksinasi Covid-19, Jumat (9/4/2021) di Kota Depok.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencanangkan program masjid sebagai sentra vaksinasi Covid-19, Jumat (9/4/2021).

Pencanangan tersebut ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal terhadap 500 orang lansia di Masjid Jami Assa'adah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Ketua DMI Jusuf Kalla yang menghadiri acara tersebut berjanji akan menyiapkan masjid yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, berapa pun jumlahnya.

Meskipun, kata dia, ada kriteria tertentu bagi masjid yang akan melaksanakan program vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Pemkot Jakpus Dukung Rencana DMI untuk Vaksinasi Covid-19 di Masjid

"DMI akan menyiapkan berapa pun masjid yang dibutuhkan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tentunya ada kriteria khusus untuk masjid yang bisa dijadikan tempat vaksinasi," ujar Kalla, dikutip dari siaran pers, Jumat (9/4/2021).

Kriteria tersebut antara lain halaman dan bangunan yang luas serta memiliki sarana penunjang lain yang memungkinkan untuk digelar vaksinasi.

Kalla mengatakan, program vaksinasi Covid-19 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga setiap elemen masyarakat.

"Setiap elemen masyarakat wajib terlibat menyukseskan program vaksinasi. Kecepatan membentuk herd immunity di tengah masyarakat merupakan kunci utama kemenangan melawan Covid-19," kata Kalla.

Baca juga: DMI Beri Imbauan Terapkan Protokol Kesehatan Melalui Masjid

Kalla mengatakan, program vaksinasi Covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Jika hanya pemerintah yang mengerjakan, kata dia, maka target mencapai kekebalan kelompok tidak akan tercapai.

"Jadi harus melibatkan masyarakat, lebih cepat lebih baik sehingga kita semua harus berfungsi. Ini penting untuk segera membentuk herd immunity di masyarakat. Karena istilah untuk Covid-19, tidak ada orang yang sembuh apabila semuanya tidak sembuh, mengingat wabah ini berasal dari 2 orang dan sekarang menjadi bencana dunia,” ucap dia.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, selain masjid, tempat lainnya yang bisa dijadikan sentra vaksinasi Covid-19 adalah sekolah atau gedung institusi lainnya.

“Hari ini kita melihat masjid dijadikan sebagai sentra vaksin dan ini tidak hanya bisa dilakukan di masjid namun juga empat lain seperti sekolah-sekolah, lembaga dan institusi lainnya,” kata Dante.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X