292 Personel Brimob Nusantara Diturunkan untuk Penanganan Bencana di NTT

Kompas.com - 08/04/2021, 17:53 WIB
Seorang warga menyaksikan banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). Berdasarkan data BPBD Kabupaten Flores Timur sebanyak 23 warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada minggu dini hari. ANTARA FOTO/HO/Dok BPBD Flores Timur/wpa/foc. ANTARA FOTO/HUMAS BNPBSeorang warga menyaksikan banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). Berdasarkan data BPBD Kabupaten Flores Timur sebanyak 23 warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada minggu dini hari. ANTARA FOTO/HO/Dok BPBD Flores Timur/wpa/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mabes Polri mengirimkan 292 anggota Brimob Nusantara untuk membantuk penanganan bencana banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, 292 personel Brimob Nusantara itu berasal dari tiga kepolisian daerah (polda) dan Mabes Polri.

"Pada 6 April telah dikirim dikirim bawah kendali operasi (BKO) ke Provinsi NTT sebanyak 292 personel Brimob Nusantara," kata Ramadhan dikutip dari Antara, Kamis (8/4/2021).

Ia memaparkan, sebanyak 61 personel berasal dari Mabes Polri, 100 personel dari Polda Jawa Timur, 31 personel dari Polda Jawa Tengah, dan 100 personel dari Polda Bali.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Kirim Paket Sembako untuk Korban Bencana di NTT dan NTB

Ramadhan menyatakan, para anggota Brimob itu berangkat ke NTT dengan dilengkapi kendaraan-kendaraan taktis untuk membantu penanganan bencana.

Di lokasi, kata Ramadhan, para personel Brimob akan membantu evakuasi warga serta menyiapkan dapur umum.

"Brimob Nusantara juga membawa bantuan sosial untuk membantu pengungsi dan korban bencana," tuturnya.

Baca juga: BNPB: Gubernur NTT Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Sementara itu, sebelumnya Polri juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak bencana di NTT, seperti mobil dapur umum, logistik, enam kapal, dan lima perahut karet.

Beberapa satuan Brimob polda, seperti Polda Jawa Timur, Bali, NTB, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta pun telah mengirimkan kendaraan SAR yang dapat digunakan sebagai dapur lapangan.

Kemudian, Ditpolair Baharkam Mabes Polri menyiagakan satu Kapal Bharata di Labuhan Bajo dan satu pesawat Casa yang disiagakan di Kupang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X