Kompas.com - 19/03/2021, 10:17 WIB
Suasana Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akhir Februari 2021. KOMPAS.COM/IKA FITRIANASuasana Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akhir Februari 2021.
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menambah lima provinsi yang melaksanakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro yang akan dimulai pada 23 Maret hingga 5 April 2021.

Adapun lima provinsi tersebut adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syafrizal mengatakan, lima daerah itu telah memasuki salah satu kriteria indikator pelaksanaan PPKM.

"Akan diperluas kan kembali. Ditambah daerah lagi. Akan segera difinalkan evaluasinya," kata Syafrizal kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Pemerintah Akan Kembali Perpanjang Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro

Pada pelaksanaan PPKM skala mikro tanggal 9 hingga 22 Maret 2021 pemerintah juga memperluas daerah yang melaksanakan PPKM.

Perluasan itu dilakukan dengan menambah tiga daerah pelaksana PPKM mikro yakni Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya PPKM mikro hanya diberlakukan di kawasan Pulau Jawa dam Bali, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

Terkait perpanjangan PPKM berskala mikro, Syafrizal mengatakan, pelaksanaan PPKM efektif untuk menekan angka penularan Covid-19 dengan maksimal.

Baca juga: Pemerintah Akan Berlakukan PPKM Mikro di Daerah dengan Kasus Aktif Covid-19 Tinggi

Namun, karena dirasa masih belum maksimal menekan kasus maka pemerintah memutuskan memperpanjang kembali PPKM.

"Skala (penularan) menurun namun belum cukup. Pemerintah menghendaki positif rate serendah mungkin," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.