Besok Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua untuk Wartawan, Ini yang Mesti Diperhatikan

Kompas.com - 15/03/2021, 15:19 WIB
Ribuan insan pers menjalani vaksinasi Covid-19 di Hall A Basket Ball Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/2/2021). KOMPAS.com/IhsanuddinRibuan insan pers menjalani vaksinasi Covid-19 di Hall A Basket Ball Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/2/2021).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan awak media dalam proses vaksinasi dosis kedua.

Dalam vaksinasi tahap kedua yang akan dilaksanakan di Hall Basket, Gelora Bung Karno (GBK) Selasa (16/3/2021) dan Rabu (17/3/2021), Agus mengatakan bahwa yang diperbolehkan datang hanya awak media yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama yang dilaksanakan 25 Februari hingga 27 Februari 2021 lalu.

"Jadi dua hari besok bukan untuk wartawan yang belum ikut vaksin. Nah teman-teman pendaftar vaksinasi yang tidak ikut vaksinasi tahap pertama pada 25-27 Februari kemarin tidak diizinkan ikut. Karena vaksinasi besok ini khusus untuk dosis kedua," sebut Agus dalam konferensi pers virtual, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Depok lewat Situs Resmi

Adapun untuk awak media yang sudah mendaftar namun belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama, akan diproses untuk gelombang berikutnya.

Sementara itu, untuk awak media yang berusia lebih dari 60 tahun, jadwal vaksinasi kedua akan diselenggarakan di akhir Maret atau awal April mendatang.

"Kecuali untuk peserta vaksinasi dosis 1 yang berumur 60 tahun keatas, wartawan senior misalnya, karena alasan usia dan kesehatan akan mendapatkan jadwal khusus vaksinasi yang kira-kira dimulai antara 25 Maret hingga 1 April," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus juga menerangkan, untuk awak media yang terdaftar menjadi peserta vaksinasi tahap pertama, namun tertunda karena alasan kesehatan, diharapkan untuk tidak perlu datang pada proses vaksinasi tahap kedua besok.

"Peserta vaksinasi yang mengalami tunda vaksinasi di 25-27 Februari lalu, mohon juga tidak hadir. Nanti vaksinasi akan didaftarkan untuk gelombang berikutnya," papar Agus.

Untuk peserta vaksinasi tahap kedua, sambung Agus, wajib membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu vaksinasi Covid-19, atau sertifikat vaksinasi Covid-19 dosis pertama, atau broadcast jadwal vaksinasi kedua.

Jika belum mendapatkan sertifikat vaksinasi tahap pertama Covid-19, Agus meminta para peserta melihat aplikasi pesan singkat atau SMS.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.