Kompas.com - 25/02/2021, 19:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan, keluarga memiliki peran utama untuk menjaga kesehatan jiwa selama masa pandemi Covid-19.

"Jadi, keluarga adalah wahana pertama dan utama dalam menjaga ketahanan dan kesehatan jiwa seseorang di saat pandemi," kata Sonny, dalam Talkshow BNPB, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Satgas Ungkap 10 Kabupaten/Kota dengan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi, Solo Pertama

Sonny mengatakan, rasa jenuh, cemas dan bosan dapat muncul selama pandemi karena makin terbatasnya interaksi. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan fisik seseorang.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan pentingnya kesehatan jiwa setiap individu untuk menghindari penularan Covid-19.

"Sebab kesehatan jiwa akan berdampak pada kesehatan fisik. Kita butuh fisik yang prima selama pandemi sehingga tak mudah tertular pandemi Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Satgas: Setelah 2 Minggu Turun, Penambahan Kasus Covid-19 Kembali Naik

Sonny mengatakan, seluruh anggota keluarga harus memiliki kepekaan satu sama lain, terutama bagi orang tua terhadap anak-anaknya untuk memberikan rasa nyaman dan tenang.

"Dengarkan keluhan mereka karena kita jadi outlet, siapa lagi yang mendengarkan kalau bukan anggota keluarga," ucapnya.

Lebih lanjut, Sonny menmbahkan, anggota keluarga harus saling mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan selama pandemi.

"Dan menyiapkan makanan yang bergizi, makanan yang enak, olah raga dan tidur yang cukup," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.