Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua, 1.500 Pedagang Pasar Tanah Abang Disuntik Hari Ini

Kompas.com - 17/02/2021, 09:32 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/PALSANDIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai menggelar program vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada Rabu (17/2/2021).

Vaksinasi tahap kedua ini perdana diikuti pedagang pasar di Tanah Abang di blok A, B, F, dan G.

Dalam siaran yang ditayangkan kanal YouTube Kemenkes, terlihat para pedagang pasar di Tanah Abang mulai melakukan registrasi ulang vaksinasi Covid-19 di meja yang telah disediakan untuk selanjutnya dilakukan penyuntikan vaksin.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac Pagi Ini

Menurut Kemenkes, vaksinasi Covid-19 pada hari ini akan menyasar kurang lebih 1.500 orang pedagang pasar Tanah Abang.

Para pedagang ini sebelumnya telah teregistrasi di data Sensus Pasar Jaya.

Secara terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan dipusatkan di lantai 8 blok A, Pasar Tanah Abang.

"Di blok A dulu," kata Nadia saat dikonfirmasi, Rabu, (17/2/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Dimulai Hari Ini, Berikut Sasaran Penerima hingga Mekanisme Pendaftarannya


Adapun setelah para peserta melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 tidak diperbolehkan langsung pulang karena perlu dilakukan observasi usai dilakukannya penyuntikan vaksin.

Sebelumnya diberitakan, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menargetkan, sekitar 55.000 pedagang pasar di Tanah Abang akan disuntik vaksin.

"Dalam tahap ini vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama enam hari dengan menargetkan sekitar 55.000 orang pedagang pasar di Tanah Abang," kata Maxi dalam konferensi pers, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Dimulai, Pedagang Pasar Tanah Abang Disuntik Hari Ini

Selain pedagang pasar, Maxi mengatakan, kelompok prioritas menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini adalah pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik), tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, dan aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian, petugas keamanan (TNI-Polri), pariwisata (petugas hotel dan petugas restoran), pelayanan publik (damkar, BPBD, BUMN, BPJS, kepala/perangkat desa), pekerja transportasi publik, atlet, wartawan, dan lansia dengan usia di atas 60 tahun.

"Dan kita ketahui, total sasaran vaksinasi tahap kedua ini mencapai 38.513.446 yang terdiri dari 21 juta lebih lansia, dan hampir 17 juta untuk pekerja pelayanan publik," ujar dia. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X