Bio Farma: Sudah Agreement, 140 Juta Dosis Bahan Baku Akan Segera Dikirim Sinovac

Kompas.com - 16/02/2021, 15:01 WIB
Direktur Utama PT. Bio Farma Honesti Basyir memberikan keterangan pers di Kantor BPOM, Jakarta Timur, Kamis (19/11/2020).  KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGDirektur Utama PT. Bio Farma Honesti Basyir memberikan keterangan pers di Kantor BPOM, Jakarta Timur, Kamis (19/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya sudah membuat kesepakatan untuk memproduksi vaksin Covid-19 lagi dari bahan baku milik Sinovac.

Ia juga mengatakan, bahan baku itu akan segera dikirim ke Indonesia.

"Kita sudah agreement Sinovac itu ada lebih kurang 140 juta dosis bahan baku yang segera masuk sesuai dengan timeline ke Indonesia," kata Honesti dalam konferensi pers, Selasa (16/2/2021).

Informasi ini diumumkan bersamaan dengan pengumuman Kepala BPOM bahwa PT Bio Farma telah memproduksi 15 juta dosis bahan baku dari Sinovac.

Baca juga: BPOM Terbitkan Izin Darurat untuk 13 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac

Honesti mengatakan, pencapaian tersebut menjadi dorongan semangat bagi lembaga yang ia pimpin untuk memproduksi vaksin.

"Tentunya ini akan menjadi menambah semangat kami untuk menjaga stabilitas suplai vaksin covid-19 ini," kata Honesti.

Lebih lanjut, Honesti mengatakan, dengan diterbitkannya izin penggunaan darurat atau EUA vaksin Covid-19, pihaknya akan mendistribusikan 7,5 juta dosis vaksin untuk program vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

"Penggunaan dari 7,5 juta ini tentunya di luar nakes," pungkasnya.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Akhirnya Kantongi Izin Darurat BPOM

Tak lupa ia berterima kasih atas dukungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Menteri BUMN, dan Menteri kesehatan atas diterbitkannya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19 asal Sinovac yang diproduksi Bio Farma.

Seperti diketahui, 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia pada 12 Januari 2021 lalu diolah di Bio Farma.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X