Calon Kapolri Ingin Ciptakan Kesetaraan Layanan Kesehatan bagi Personel Polri di Daerah Terpencil

Kompas.com - 20/01/2021, 13:03 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha transparan dan akan melibatkan pihak-pihak eksternal dalam mengusut kasus penembakan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha transparan dan akan melibatkan pihak-pihak eksternal dalam mengusut kasus penembakan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menginginkan terciptanya kesetaraan layanan kesehatan antara personel Polri yang bertugas di daerah terpencil dengan yang di wilayah perkotaan.

Hal itu diungkapkannya ketika menjalani fit and proper test sebagai calon tunggal Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

"Diharapkan ke depan anggota Polri yang berdinas di daerah terpencil akan bisa mendapatkan pelayanan yang sama dengan teman-temannya yang melaksanakan dinas di perkotaan," ujar Listyo.

Listyo mengatakan salah satu cara agar kesataraan layanan kesehatan itu terpenuhi adalah dengan meningkatkan standarisasi rumah sakit Polri.

Baca juga: Anggota DPR: Paparan Listyo Sigit Seolah Ingin Merevolusi Polri

Penguatan standarisasi rumah sakit ini, misalnya dengan meningkatkan kelas maupun kapasitas rumah sakit Polri.

Dengan catatan, peningkatan standarisasi ini juga bisa menangani berbagai macam penyakit.

"Ke depan, standar ini kami akan buat sama, di samping bisa untuk melayani anggota, tentunya juga untuk melayani masyarakat yang ada di sekitarnya," kata Listyo.

Listyo menambahkan, peningkatan standarisasi ini juga bertujuan supaya personel Polri yang bertugas di daerah terpencil tak perlu repot mencari layanan kesehatan di perkotaan.

"Sehingga tidak perlu repot-report anggota dari daerah tertentu, yang terpencil, harus berangkat ke kota untuk mendapatkan standar pelayanan rumah sakit," imbuh Listyo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X