Kompas.com - 20/01/2021, 08:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan agar semua pihak bekerja sama dalam kondisi darurat akibat rentetan bencana alam yang menimpa Tanah Air beberapa waktu terakhir.

Mulai dari longsor di Sumedang, Jawa Barat; gempa di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, banjir dan longsor di Manado, erupsi Gunung Merapi dan Semeru, hingga yang terbaru adalah banjir bandang di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

"Dalam kondisi darurat seperti ini, saya mengingatkan masing-masing pihak untuk bekerja sama, saling membantu, dan menguatkan," ujar Ma'ruf dikutip dari siaran pers, Rabu (20/1/2021).

Wapres Ma'ruf juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial (Kemensos), dan pemerintah daerah (pemda) untuk mengutamakan evakuasi korban.

Baca juga: BNPB: Banjir Bandang Puncak Bogor Disebabkan Hujan Intensitas Tinggi, 900 Jiwa Terdampak

Selain itu, mereka juga diminta menyiapkan penampungan untuk para pengungsi, baik tenda darurat maupun gedung-gedung milik pemerintah daerah sebagai tempat penampungan sementara.

"Begitu pun logistik, usahakan secepatnya terpenuhi," kata dia.

Wapres Ma'ruf juga memastikan bahwa pemerintah akan selalu hadir membantu untuk meringankan para korban meskipun di tengah situasi pandemi.

Ia juga meminta kepada para korban selamat tetap tawakal dan terus berdoa agar bencana segera berlalu.

Lebih lanjut Ma'ruf juga menyampaikan dukacita mendalam kepada korban dan keluarganya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.