Kompas.com - 19/01/2021, 18:17 WIB
Foto aerial sejumlah tenda COVID-19 Kementerian Sosial berjejer di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (18/1/2021). Kementerian Sosial mendirikan sejumlah tenda yang mengapdosi situasi COVID-19 untuk pengungsi korban gempa anak-anak, wanita, dan kelompok rentan seperti lansia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANFoto aerial sejumlah tenda COVID-19 Kementerian Sosial berjejer di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (18/1/2021). Kementerian Sosial mendirikan sejumlah tenda yang mengapdosi situasi COVID-19 untuk pengungsi korban gempa anak-anak, wanita, dan kelompok rentan seperti lansia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said menjelaskan duduk perkara empat relawan PMI terkonfirmasi positif Covid-19 ketika tengah membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat.

Sudirman menuturkan, keempat relawan tersebut diduga terpapar dari pengungsi yang mendiami rumah sakit lapangan khusus pasien Covid-19.

Di mana lokasi rumah sakit lapangan ini berada tidak jauh dari titik posko PMI.

Baca juga: Hari Kelima, Satgas Masih Cari 3 Korban Gempa Sulawesi Barat yang Belum Ditemukan

"Ada satu rumah sakit lapangan yang menampung pasien Covid-19, kebetulan dekat dengan posko PMI Mamuju," kata Sudirman ketika dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Setelah beberapa hari bertugas, relawan PMI kemudian menjalani tes. Hasilnya menunjukkan terdapat empat relawan PMI positif Covid-19.

"Tadi pagi kita tes dan empat di antaranya relawan positif," terang dia.

Kini, keempat relawan ini sudah menjalani isolasi mandiri.

Ia menambahkan, hasil tes ini menjadi risiko besar bagi relawan PMI yang menjalankan misi kemanusiaan di tengah pandemi Covid-19.

Mereka terpapar sekalipun sudah sangat ketat menerapkan protokol kesehatan.

"Meskipun sudah dengan ketat menerapkan protokol kesehatan, tetap ada risiko terinveksi," ungkap Sudirman.

Sebelumnya diberitakan, empat relawan PMI terkonfirmasi positif Covid-19 ketika tengah membantu korban gempa bumi yang mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat.

Baca juga: 4 Relawan PMI Positif Covid-19 Ketika Bantu Korban Gempa di Mamuju

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjend) PMI Sudirman Said dalam webinar "Darurat Cegah 1 Juta Penderita Covid-19 di Tanah Air" yang digelar Lembaga Survei Kedai Kopi, Selasa (19/1/2021).

"Tadi kita dapatkan empat orang relawan kita di Mamuju terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Sudirman, Selasa (19/1/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X