Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Lokasi Gempa Mamuju, Jokowi: Bangunan Pemerintah dan Rumah-rumah Warga Roboh

Kompas.com - 19/01/2021, 13:03 WIB
Fitria Chusna Farisa,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021) untuk meninjau daerah terdampak gempa bumi.

Setibanya di Mamuju, Jokowi menyampaikan bahwa dirinya melihat banyak bangunan roboh akibat guncangan gempa bermagnitudo 6,2 yang terjadi Jumat (15/1/2021) itu.

"Saya melihat ke lapangan, melihat bangunan-bangunan pemerintah yang roboh, juga rumah-rumah penduduk yang roboh," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Kompas TV, Selasa.

Jokowi mengatakan, kedatangan dirinya ke Mamuju adalah untuk memastikan bahwa proses evakuasi dan distribusi bantuan kepada masyarakat berjalan lancar.

Baca juga: TNI AL Terjunkan Kapal Rumah Sakit Bantu Korban Gempa Mamuju

Ia juga ingin memastikan logistik dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik.

"Saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," ujarnya.

Terkait rumah-rumah penduduk yang roboh, kata Jokowi, pemerintah akan memberikan bantuan dana perbaikan. Rinciannya, Rp 50 juta diberikan untuk perbaikan rumah yang rusak berat.

Kemudian, Rp 25 juta untuk perbaikan rumah yang rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk perbaikan rumah yang rusak ringan.

"Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat pemulihan kembali baik rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan proses pelayanan di pemerintahan, di birokrasi, juga akan kembali normal," kata Jokowi.

Baca juga: Selasa Pagi, Jokowi Bertolak ke Sulbar Tinjau Lokasi Gempa

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyampaikan duka mendalam atas bencana ini, khususnya kepada 84 orang yang ditemukan meninggal dunia.

"Semoga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com