Rapat Komisi X DPR, Sandiaga Paparkan 3 Program Unggulan Parekraf

Kompas.com - 14/01/2021, 17:48 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat memimpin rapat virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia, Sabtu (26/12/2020). dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifMenparekraf Sandiaga Uno saat memimpin rapat virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia, Sabtu (26/12/2020).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, ada tiga program unggulan untuk memulihkan sektor pariwisata yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Program pertama, yaitu hibah desain kemasan kuliner nusantara yang diberi nama "Bedakan".

Ia menjelaskan melalui program ini, Kemenparekraf berupaya meningkatkan dan mengembangkan usaha pelaku kreatif kuliner nusantara melalui pemahaman fungsi penting kemasan produk.

Baca juga: Sandiaga: Keselamatan, Kesehatan, dan Pemulihan Ekonomi Adalah Prioritas Setara

"Ini di sektor ekonomi kreatif salah satu program yang akan menjadi signature program kami adalah hibah desain kemasan kuliner nusantara," ujar Sandi dalam rapat bersama Komisi X DPR, Kamis (14/1/2021).

Kedua, yaitu program inkubasi. Program ini merupakan kegiatan pendampingan pelaku kriya, mode, dan kuliner untuk menghasilkan produk berkelanjutan sehingga memiliki nilai jual dan berdaya saing di tingkat nasional.

"Itu inkubasi yang selama ini ternyata berhasil menelurkan menghasilkan produk produk kuliner, kriya, dan fesyen yang naik kelas. Dan kita bukan hanya ingin di tingkat nasional, tapi pada satu titik produk ekonomi kreatif kita di 17 sub sektor ini akan masuk ke tingkat dunia," ucap Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga: OKE OCE Tak Jadi Program Kemenparekraf, Saya Kerja Sesuai Visi Presiden

Ketiga, yaitu program aksi selaras energi atau "aksilarasi". Tujuan program ini yaitu untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif di wilayah destinasi super prioritas dan prioritas.

"Bukan hanya untuk pembesaran profit, tapi juga dampak terhadap kepada masyarakat. Dan ini bukan hanya di lima destinasi super prioritas, tapi juga di tempat lain yang menjasi potensi," kata dia.

"Aksilasari ini juga akan menyentuh musik, seni pertunjukan, penerbitan, seni rupa, dan lain sebagainya," ujar Sandiaga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X