Jokowi: Vaksinasi Putus Penularan Covid-19 dan Perbaiki Ekonomi

Kompas.com - 13/01/2021, 12:44 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Penyuntikan perdana vaksin Covid-19 ke Presiden Joko Widodo tersebut menandai dimulainya program vaksinasi di Indonesia. HO/SETPRES/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Penyuntikan perdana vaksin Covid-19 ke Presiden Joko Widodo tersebut menandai dimulainya program vaksinasi di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyatakan vaksinasi bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 sekaligus memperbaiki perekonomian.

Sebabnya, dengan terhentinya penularan Covid-19, masyarakat mulai kembali merasa aman beraktivitas di luar rumah sehingga perekonomian dapat kembali hidup.

Hal itu disampaikan Jokowi usai disuntik vaksin Covid-19 secara perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/20210.

"Vaksinasi Covid-19 ini penting untuk kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus corona dan membeirkan perlindungan kesehatan kepada kita. Kesehatan, keamanan kepada kita semua masyarakat Indonesia, dan membantu percepatan pemulihan ekonomi," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Ucapkan Terimakasih untuk Dokter yang Suntikkan Vaksin Covid-19 Kepadanya


Jokowi pun menyatakan proses vaksinasi Covid-19 berjalan lancar lantaran vaksin buatan Sinovac tersebut telah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu Majelis Ulama Indonesia juga telah mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin buatan Sinovac tersebut.

Jokowi mengatakan vaksinasi Covid-19 akan diteruskan ke masyarakat. Pada tahap Pertama, vaksin Covid-19 akan disuntikkan ke tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan virus corona.

Kendati sudah disuntikkan vaksin, Jokowi meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Saya ingin mengigatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," tutur Kepala Negara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X