Vaksin Covid-19 Sinovac Sampai di Sejumlah Daerah, Ini Rinciannya

Kompas.com - 05/01/2021, 09:05 WIB
Truk pembawa vaksin Covid-19 sampai di kantor Dinas Kesehatan Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (4/1/2021). KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZALTruk pembawa vaksin Covid-19 sampai di kantor Dinas Kesehatan Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (4/1/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke sejumlah provinsi.

Dilansir dari Kontan.co.id, tercatat ada 12 wilayah yang sudah menerima vaksin corona pada Senin (4/1/2021).

Pertama ialah Banten yang telah menerima 14.560 dosis vaksin Sinovac. Vaksin tersebut disimpan di Labkesda Provinsi Banten. Kendati demikian, jumlah tersebut masih jauh dari rencana 81.000 dosis vaksin tahap pertama untuk Banten.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, rencananya vaksinasi akan dilakukan pada 14 Januari 2021 di sejumlah kota/kabupaten di Banten.

Sesuai sasaran penerima vaksinasi corona, pada tahap awal akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan petugas penanganan Covid-19 di Banten.

Namun Andika belum menjelaskan pembagian masing-masing untuk kabupaten/kota lantaran kewenangannya berada di pemerintah pusat. Pembagiannya akan diatur dengan SMS gateway dari Pemerintah Pusat.

“Jadi masing-masing kabupaten/kota mendapatkan datanya dari pusat," ujar Andika.

Tak hanya Banten, vaksin Covid-19 juga sudah sampai di Jawa Tengah. Pemprov Jawa Tengah menerima 62.560 dosis vaksin corona Sinovac pada Senin dini hari.

Nantinya, 62.560 dosis vaksin ini akan disuntikkan ke tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, vaksin Covid-19 buatan Sinovac disimpan di gudang Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Tengah yang berlokasi di kawasan Industri Tambakaji Semarang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X