PAN: Covid-19 Jadi Musuh Kemanusiaan, Jangan Jadikan Konsumsi Politik

Kompas.com - 31/12/2020, 07:43 WIB
Ilustrasi PAN ANTARA FOTO/Aprillio AkbarIlustrasi PAN

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi bangsa Indonesia sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada awal Maret.

"Tahun 2020 merupakan tahun penuh tantangan bagi segenap anak bangsa mengingat Covid-19 yang merebak di awal tahun masih menyebar secara masif ke seluruh pelosok negeri," kata Eddy dalam konferensi pers Refleksi Akhir Tahun 2020 DPP PAN di Jakarta, Rabu (30/12/2020) dilansir dari Antara.

Eddy juga mengingatkan, jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan kondisi pandemi untuk kepentingan kelompok dan menjadikannya sebagai alat politik.

Baca juga: 735.124 Kasus Covid-19 dan Antisipasi Lonjakan Usai Libur Akhir Tahun...

Dia mengingatkan berbagai unsur harus bersatu melawan pandemi ini.

"Harus dibangun kesadaran bahwa pandemi adalah musuh kemanusiaan dan sangat tidak layak untuk dijadikan konsumsi politik. Kita harus bersatu padu dalam melawan Covid-19 tanpa memandang suku, agama, ras, dan afiliasi politik," ujarnya.

Kemudian, Eddy menyoroti kasus positif Covid-19 di Tanah Air hingga 28 Desember 2020 sebanyak 713.365 orang, dengan rincian 583.676 pasien dinyatakan sembuh dan 21.237 meninggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Eddy, penyebaran Covid-19 sudah hampir meliputi seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Baca juga: UPDATE: 510 Kabupaten/Kota Terpapar Covid-19, 4 Daerah Belum Catat Kasus

Oleh karenanya, ia menilai, menghentikan penularan Covid-19 adalah prioritas utama dan menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa sesuai dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab masing-masing.

"PAN berpandangan bahwa keberhasilan dalam penanganan Covid-19 adalah kunci bagi perbaikan kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia di masa yang akan datang," tuturnya.

Lebih lanjut, Eddy menyampaikan penghargaan kepada para tenaga medis, petugas medis, para relawan dan aparatur negara yang berada di garda terdepan dan tidak mengenal lelah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

Baca juga: Menteri Budi: Kalau Presiden Disuntik Vaksin Covid-19, Pasti Menkes Harus Disuntik Duluan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.