Kompas.com - 22/12/2020, 22:21 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin dan istrinya, Wury Maruf Amin beserta rombongan berjalan santai di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Maruf Amin dan istrinya, Wury Maruf Amin beserta rombongan berjalan santai di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (28/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Istri Wakil Presiden, Wury Ma'ruf Amin mengatakan bahwa setengah kekuatan sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia adalah perempuan.

Hal tersebut disampaikan Wury dalam puncak peringatan Hari Ibu ke-92 yang digelar secara virtual, Selasa (22/12/2020).

Menurut Wury, hal tersebut dapat terjadi karena setengah populasi dari penduduk Indonesia adalah perempuan.

"Jika dilihat dari jumlahnya, perempuan mengisi setengah populasi penduduk Indonesia. Artinya, setengah kekuatan SDM bangsa kita adalah perempuan," ujar Wury.

Baca juga: Hari Ibu Ke-92, Wury Maruf Amin: Perempuan Bukan Waktunya Tertinggal dari Laki-laki

Oleh karena itu, Wury pun menyayangkan apabila kesenjangan antara perempuan dan laki-laki masih terjadi di negeri ini.

Pasalnya, kesenjangan tersebut dapat menghambat potensi yang dapat dicapai perempuan, sehingga mereka mengalami banyak ketertinggalan dibandingkan laki-laki.

Wury mengatakan, jurang ketidaksteraan gender masih begitu nyata akibat konstruksi sosial yang banyak dipengaruhi budaya patriarki.

"Imbasnya perempuan menjadi termarjinalkan dalam berbagai aspek pembangunan. Jika kesenjangan ini dapat diperkecil, maka SDM bangsa kita akan menjadi semakin kuat," kata dia.

Baca juga: Menteri PPPA Sebut Perempuan Termasuk Rentan akibat Budaya Patriarki

Dengan SDM yang kuat, kata dia, maka kemajuan bagi perempuan pun tidak hanya berguna bagi kaum perempuan saja tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Terlebih, sesuai mandat Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi kesetaraan dan persamaan kedudukan bagi perempuan dan laki-laki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X