Kompas.com - 22/12/2020, 16:22 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet (reshuffle) dengan menunjuk 6 menteri baru, Selasa (22/12/2020). YOUTUBE/ SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet (reshuffle) dengan menunjuk 6 menteri baru, Selasa (22/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengumumkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Jokowi mengatakan, keenamnya akan dilantik pada Rabu (23/12/2020) besok. "Pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi," kata Jokowi, Selasa. 

Baca juga: Jokowi Tunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan Gantikan Agus Suparmanto

Menteri baru pertama yakni Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu ditunjuk sebagai Menteri Sosial.

Kursi Mensos kosong sejak Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. 

Kedua, Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang pernah menjadi calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 ini dipercaya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

"Beliau adalah dulu Wagub DKI Jakarta, Ketua Hipmi dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Jokowi.

Ketiga, Budi Gunawan Sadikin yang ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Sebelumnya, Budi merupakan Wakil Menteri BUMN.

Baca juga: BREAKING NEWS: Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Keempat, tokoh muslim Gerakan Pemuda Anshor, Yaqub Cholil Qoumas. Ia dipercaya menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Selanjutnya, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Ia diberi tanggung jawab sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Profil 6 Menteri Baru Kabinet Jokowi Hasil Reshuffle

Sebagaimana diketahui, kursi definitif Menteri Kelautan dan Perikanan kosong lantaran Edhy Prabowo terjerat kasus korupsi.

Terakhir, Muhammad Lutfi menggantikan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

"Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Dubes RI untuk Jepang, dan terakhir Dubes RI untuk AS dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan," kata Jokowi.

Baca juga: BREAKING NEWS: Yaqut Cholil Qoumas Gantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X