Kompas.com - 18/12/2020, 10:41 WIB
Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (13/11/2020). KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAKapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (13/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan, TNI mendukung vaksinasi Covid-19 nasional yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Bentuk dukungan awal tersebut dengan terselenggaranya training of trainer (TOT) di lingkungan Mabes TNI, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020).

Riad mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk peran aktif TNI untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Satgas: Pemerintah Tak Akan Terburu-buru Selenggarakan Vaksinasi Covid-1

Khususnya, tenaga-tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan ke depannya untuk menjadi vaksinator.

"TNI juga menyiapkan fasilitator dari tenaga kesehatan maupun tenaga lainnya yang akan ikut terlibat dalam pelaksanan vaksinasi, baik dari sisi transportasi, pendistribusian, penyimpanan, penggudangan maupun pelaksanaan penyiapan lainnya," ujar Riad dalam keterangan tertulis, Jumat (18/12/2020).

Riad mengatakan, melalui TOT ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap tenaga kesehatan dan fasilitator nantinya mempunyai pola tindak yang sama sehingga dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan.

"Panglima TNI juga menyampaikan hal-hal yang sangat teknis, yang harus menjadi bagian dari TOT ini dipikirkan bersama hal-hal yang kecil, tetapi itu akan menjadi suatu hal yang sangat prinsip dalam hal pelaksanan vaksinasi kedepan," ucap Riad.

Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan, fasilitas kesehatan di jajaran TNI sesuai dengan penekanan Panglima TNI, yakni harus betul-betul siap secara detail, baik taktis maupun teknis kesehatan.

"Intinya fasilitas kesehatan TNI harus disiapkan dengan baik," kata Tugas.

Dalam kegiatan TOT ini, peserta tenaga kesehatan TNI berasal dari Pusat Kesehatan (Puskes) TNI, Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad), Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Diskesau) dan juga mitra TNI sebanyak 845 orang.

Baca juga: Panglima TNI Sebut Keberhasilan Vaksinasi Butuh Dukungan Sarana dan Prasana

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X