Kompas.com - 17/12/2020, 19:44 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melantik sejumlah pejabat baru di Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Kementerian Pertahanan Republik IndonesiaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto melantik sejumlah pejabat baru di Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi mengatakan penunjukan mantan Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal (Purn) Suryo Prabowo sebagai Ketua Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) akan menguji objektivitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebab, Suryo diketahui dekat dengan Prabowo cukup lama. Bobby berpendapat, Prabowo harus membuktikan pengangkatan Suryo mampu membawa dampak signifikan terhadap industri pertahanan dalam negeri.

"Ini juga tes objektivitas dari Menhan, apakah dengan komposisi ini bisa mencapai target peningkatan kapasitas industri pertahanan dalam negeri dari periode sebelumnya," kata Bobby saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Anggota DPR: Pengangkatan Suryo Prabowo Jadi Ketua Pelaksana KKIP Relevan dengan Rekam Jejaknya

Kendati demikian, Bobby mengatakan, Suryo memiliki rekam jejak yang relevan untuk mengemban jabatan tersebut.

Suryo dipercaya menduduki posisi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) pada 2008-2011. Kemudian, sebelum memasuki masa pensiun, ia menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI 2011-2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Bobby, seseorang yang mengisi jabatan itu memang harus mengerti masalah alutsista dan industri pertahanan.

"Rekam jejak Pak Suryo Prabowo sebagai Wakasad dan Kasum cukup relevan dengan jabatan ini," ucapnya.

Bobby mengatakan, penunjukan Suryo merupakan bukti Presiden Joko Widodo memiliki sifat lapang dada. Suryo diketahui kerap mengkritik Jokowi.

"Sekali lagi kita lihat jiwa besar Presiden Jokowi, dan ini patut di apresiasi, karena beliau adalah sekaligus Ketua KKIP, dibantu Menhan dan Wamenhan sebagai Ketua Harian dan Sekretaris KKIP," ujarnya.

Baca juga: Suryo Prabowo, Dulu Kritik Jokowi Kini Jadi Ketua Pelaksana KKIP

Kabar pengangkatan Suryo sebagai Ketua Tim Pelaksana KKIP disampaikan oleh Karo Humas Setjen Kemhan RI, Brigjen TNI Djoko Purwanto dalam keterangan tertulis, Selasa (15/12/2020).

KKIP merupakan komite yang mewakili pemerintah untuk mengoordinasikan kebijakan nasional dalam perencanaan, perumusan, pelaksanaan, pengendalian, sinkronisasi, dan evaluasi industri pertahanan

Penunjukan Suryo pun mendapat sorotan. Sebab, selama ini purnawirawan jenderal bintang tiga itu kerap mengkritik Jokowi.

Suryo juga dekat dengan Prabowo. Bahkan, saat Prabowo mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilihan Presiden 2014 dengan Hatta Rajasa, Suryo telah bergabung ke dalam tim pemenangannya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.