Prabowo Beri Penghargaan 11.485 Eks Pejuang Timor Timur, Termasuk Eurico Guterres

Kompas.com - 16/12/2020, 10:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menganugerahkan penghargaan medali dan piagam Patriot Bela Negara bagi 11.485 eks pejuang Timor Timur di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan (Kemhan), Selasa (15/12/2020).

Penyerahan penghargaan itu disematkan Prabowo secara simbolis kepada 23 orang sebagai delegasi eks pejuang Timor Timur, antara lain tokoh pro integrasi Timor Timur sekaligus eks Wakil Panglima Milisi pro-Indonesia, Eurico Guterres.

"Dengan pemberian penghargaan ini, para eks Timor Timur dapat meneruskan nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme serta nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus," ujar Prabowo dikutip dari Antaranews.com, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Arief Poyuono: Tidak Etis kalau Prabowo Ajukan Pengganti Edhy Prabowo di KKP

Adapun penyerahan penghargaan ini merupakan bagian dari wujud pemerintah kepada warga negara Indonesia yang sudah memberikan andil dalam upaya menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Eks pejuang Timor Timur merupakan warga negara Indonesia yang berjuang mempertahankan Timor Timur sebagai bagian dari keutuhan wilayah NKRI.

Hal itu diwujudkan dengan kesetiaannya dengan tetap memilih untuk tetap mendiami Bumi Pertiwi.

Baca juga: Menhan Prabowo Angkat Suryo Prabowo Jadi Ketua Tim Pelaksana KKIP

Prabowo berharap, penghargaan ini menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat bela negara.

"Negara dan bangsa tidak boleh melupakan pengorbanan dan jasa-jasa para eks pejuang Timor Timur beserta keluarga," kata Prabowo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.