Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netgrit: Penundaan Pengumuman Hasil Swab Ketua KPU Tangsel Kurang Tepat

Kompas.com - 15/12/2020, 06:31 WIB
Sania Mashabi,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri sekaligus peneliti Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) Hadar Nafis Gumay menilai, tindakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan (Tangsel) yang menunda pengumuman kondisi Ketua KPU Tangsel yang terjangkit Covid-19 sebagai tindakan yang kurang tepat.

Menurut dia, seharusnya pengumuman informasi semacam itu tidak boleh ditunda karena juga berkaitan dengan keselamatan orang banyak.

"Data positif tentang seseorang, apalagi dia adalah pimpinan yang banyak berinteraksi, berhubungan dengan banyak orang itu ya harusnya dibuka agar bisa membantu pencegahan lebih jauh," kata Hadar kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Hadar menyadari bahwa penyelenggara pemilu memang memiliki tugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam hal ini adalah Pilkada 2020.

Baca juga: Ketua KPU Tangsel Meninggal Dunia Setelah Terpapar Covid-19

Namun, kabar mengenai seseorang terpapar Covid-19 juga harus diumumkan demi keselamatan orang yang pernah berinteraksi dengan pasien.

"Jadi sebaiknya ke depan, siapapun penyelenggara pemilu atau siapapun ya dalam rangka kita untuk menyelamatkan, membantu (mengantisipasi) penyebaran lebih lanjut, ya diumumkan saja," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, KPU Tangerang Selatan mengungkap alasan mengapa mereka tidak langsung mengumumkan hasil uji swab Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro yang dinyatakan positif Covid-19.

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Tangerang Selatan M Taufik mengatakan, Bambang Dwitoro dinyatakan positif Covid-19 sejak Sabtu (5/12/2020), atau empat hari sebelum pemungutan suara.

Namun, pihaknya baru mengumumkan status konfirmasi positif Covid-19 Bambang pasca-pencoblosan, karena khawatir partisipasi pemilih di Pilkada Tangerang Selatan 2020 akan menurun drastis.

Baca juga: Ini Alasan Hasil Swab Positif Ketua KPU Tangsel Diumumkan Usai Pencoblosan Pilkada 2020

"Kalau diumumkan sebelum atau menjelang pelaksanaan pemungutan suara, itu tingkat partisipasi maupun keterpanggilan masyarakat akan turun drastis dengan mendengar karena Ketua KPU-nya terkena Covid-19," ujar Taufik saat dikonfirmasi, Jumat (11/12/2020).

Taufik berdalih, pihaknya tidak bermaksud menutup-nutupi adanya penularan Covid-19 di lingkungan KPU Tangerang Selatan.

Adapun pada 12 Desember 2020 Bambang telah dikabarkan meninggal dunia setelah terkena Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com