Kompas.com - 04/12/2020, 17:51 WIB
Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah KemluPlt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, perhelatan Bali Democracy Forum (BDF) ke-13 akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu protokol yang akan diterapkan yakni, pembatasan jumlah peserta forum dalam ruang persidangan.

"Mereka yang bisa ikut di ruang persidangan maksimum 50 orang dan akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan termasuk swab test (yang) dilakukan di Bali sebelum penyelenggaraan kegiatan,” kata Faizasyah dalam konferensi pers, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Bali Democracy Forum Usung Tema Democracy and Covid-19 Pandemic

Indonesia akan menyelenggarakan Bali Democracy Forum di hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, pada 10 Desember 2020, dengan mengusung tema Democracy and Covid-19 Pandemic.

Faizasyah mengatakan, tema tersebut dianggap tepat karena hampir semua negara tengah mengalami situasi pandemi Covid-19.

Selain itu, menurut dia, demokrasi adalah satu opsi sistem pemerintahan yang selalu dihadapkan pada berbagai tantangan.

"Sehingga, tentunya kesempatan ini adalah untuk membahas demokrasi dan tantangan Covid itu sendiri," kata Faizasyah dalam konferensi pers, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Pekan Depan, Indonesia Selenggarakan Bali Democracy Forum Ke-13

Menurut Faizasyah, Pemerintah Indonesia ingin mendengar respons dari berbagai negara terkait upaya mengatasi pandemi Covid-19 dan kembali membangun berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi.

“Sehingga, ada satu proses recovery dan selanjutnya kita juga ingin melihat ketahanan dari masyarakat dalam menjalankan demokrasi dan juga mengatasi Covid-19 itu sendiri,” tutur dia. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X