Indonesia Ajak Menteri dan Pejabat ASEAN Kerja Sama Atasi Pandemi

Kompas.com - 27/11/2020, 15:22 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam sebuah pertemuan tingkat ASEAN, Jumat (27/11/2020). Sumber: Dokumentasi BNPB. Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam sebuah pertemuan tingkat ASEAN, Jumat (27/11/2020). Sumber: Dokumentasi BNPB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara ASEAN bekerja sama dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo yang bertindak sebagai Ketua Delegasi Indonesia dalam sebuah pertemuan tingkat ASEAN yang digelar secara virtual, Jumat (27/11/2020).

“Saya ingin mengajak para menteri dan pejabat seluruh negara anggota ASEAN yang bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana untuk mulai melihat kemungkinan potensi kerja sama kita ke depan dalam menghadapi pandemi,” kata Doni melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Menlu: ASEAN Kumpulkan Rp 141 Miliar untuk Darurat Penanganan Covid-19

Menurut Doni, saat ini negara-negara ASEAN tengah menghadapi tantangan yang sama. Selain pandemi, berbagai bencana lainnya juga dialami negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini.

Oleh karenanya ia menekankan pentingnya kerja sama sebagai satu kesatuan ASEAN.

Doni mengatakan, kerja sama bisa dilakukan melalui pendekatan pentaheliks yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah, seluruh elemen masyarakat, swasta, termasuk akademisi dan media massa.

Diharapkan pendekatan ini dapat meningkatkan partisipasi para pemangku kepentingan.

Baca juga: Jokowi Harap ASEAN Travel Corridor Diimplementasikan Awal Tahun 2021

Doni juga berharap, pusat koordinasi bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan bencana ASEAN (ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management) dapat turut terlibat dalam kerja sama ini.

Indonesia, kata dia, akan terus mendukung upaya untuk mewujudkan penanggulangan bencana yang lebih baik di kawasan ASEAN.

“Tetapi yang terpenting adalah kesatuan dan kebersamaan kita karena saya yakin dalam melakukan penanggulangan bencana, sebagai sebuah negara, prestasi sejati hanya akan tercapai jika kita maju bersama dan tidak meninggalkan siapa pun,” ujar Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 itu.

Baca juga: Menristek: Negara ASEAN bersama Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Belajar dari penanganan pandemi di Tanah Air, lanjut Doni, kerja sama dan koordinasi menjadi kunci menekan korban jiwa.

“Kerja sama dan koordinasi yang komprehensif ini telah membawa Indonesia dapat mengurangi jumlah korban jiwa,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Doni mengajak para menteri dan pejabat dari negara-negara ASEAN untuk berpartisipasi pada 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang akan digelar di Bali, Mei 2022.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X