Satgas Sebut Kasus Covid-19 Meningkat 3,9 Persen Dibandingkan Pekan Sebelumnya

Kompas.com - 24/11/2020, 20:30 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/10/2020). Dok. Humas BNPBJuru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, terjadi kenaikan kasus Covid-19 sebesar 3,9 persen pada pekan lalu (15-21 November) dibandingkan pekan sebelumnya.

Hal itu disampaikan Wiku dalam keterangannya di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (24/11/2020).

“Pada pekan ini di level nasional terjadi kenaikan kasus 3,9 persen dibanding pekan sebelumnya,” kata Wiku.

Kenaikan tersebut disumbangkan oleh lima provinsi yakni DKI Jakarta dengan kenaikan 1.937 kasus, riau denhgan kenaikan 1.166 kasus, Jawa Timur dengan kenaikan 736 kasus, DI Yogayakarta dengan kenaikan 338 kasus, dan Sulawesi Tengah dengan kenaikan 245 kasus.

Baca juga: Muncul Anggapan Perbedaan Perlakuan antara Massa Petamburan dengan Demonstrasi, Ini Jawaban Satgas

Untuk itu ia meminta kepala daerah di lima provinsi tersebut kembali mendisplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan Wiku menilai perlu diambil langkah serius untuk menekan penambahan kasus Covid-19 di lima provinsi tersebut.

“Saya mohon perhatian dengan sangat untuk pemda kelima provinsi ini untuk mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengatasi peningkatan kasus karena ini sudah sangat serius,’ kata Wiku.

“Kami melihat tren kasus penambahan kumulatif tertinggi masih konsisten pada lima provinsi tadi pada pekan ini dan pekan sebelumnya. Tidak ada perubahan secara signifikan,’ lamjut dia.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tak Terkendali, Satgas Ingatkan Pemda Tegas Beri Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

Adapun penambahan kasus baru pada 24 November sebanyak 4.192, sehingga kini ada 506.302 Kasus Covid-19 di Indonesia.

Dari data tersebut, tercatat pula lima provinsi dengan penambahan kasus baru tertinggi. Kelima provinsi itu yakni DKI Jakarta (1.015 kasus baru), Jawa Tengah (928 kasus baru), Jawa Timur (354 kasus baru), Jawa Barat (299 kasus baru) dan Banten (144 kasus baru).

Sementara itu, penularan Covid-19 secara keseluruhan hingga saat ini terjadi di 505 kabupaten/kota yang berada di 34 provinsi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X