Survei Change.org Catat 5 Persoalan Daerah Menurut Anak Muda

Kompas.com - 24/11/2020, 20:14 WIB
Ilustrasi pemuda. Sekelompok anak muda memegang bendera merah putih di puncak gunung, menatap matahari terbit. SHUTTERSTOCK/TRIAWANDA TIRTA ADITYAIlustrasi pemuda. Sekelompok anak muda memegang bendera merah putih di puncak gunung, menatap matahari terbit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei yang difasilitasi oleh Change.org mengungkap adanya lima persoalan daerah dari sudut pandang anak muda.

Survei tersebut digelar secara daring terhadap 9.087 responden di 34 provinsi pada 12 Oktober-10 November 2020.

Mayoritas responden survei (82 persen) merupakan anak muda pada rentang usia 17-30 tahun yang aktif menggunakan media sosial.

"Survei ini menemukan bahwa mayoritas responden menganggap persoalan terbesar di daerah mereka adalah ekonomi dan kesejahteraan (42 persen)," ujar Direktur Kerjasama Change.org Indonesia Desma Murni dalam konferensi pers daring yang digelar pada Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Survei Change.org: Janji Kampanye Calon Kepala Daerah Terpilih Perlu Diawasi

"Persoalan itu mencakup kurangnya lapangan pekerjaan, tingginya tingkat pengangguran dan bantuan sosial yang tidak tepat sasaran," kata dia. 

Persoalan kedua yakni infrastruktur (13 persen).

Ketiga penegakan hukum (11 persen). Keempat, lingkungan (10 persen) dan kelima yakni masalah pendidikan (9 persen).

Meski begitu, kata Desma, responden di luar Pulau Jawa seperti yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, NTT mengungkapkan bahwa infrastruktur menjadi persoalan penting di daerah.

Lebih lanjut, responden dari daerah yang relatif terpencil seperti di NTT dan Papua menganggap pendidikan sebagai masalah utama.

"Sementara itu, untuk daerah metropolitan seperti Jakarta, selain masalah ekonomi dan kesejahteraan, mereka juga mengaku memiliki masalah terkait dengan penegakan hukum yang kurang baik," ujar Desma.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X