Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas: Kerumunan Terkait Rizieq Shihab Diharapkan Sadar dan Ikhlas Tes Covid-19

Kompas.com - 20/11/2020, 17:21 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menyampaikan pesan kepada masyarakat yang ikut dalam kegiatan kerumunan beberapa hari terakhir, untuk sukarela melakukan tes Covid-19.

Kerumunan yang ia maksud di antaranya saat penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet dan Mega Mendung, Bogor, serta hajatan di Petamburan.

"Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini. Jika ada yang positif bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah. Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke Puskesmas, demi memutus mata rantai penularan untuk keselamatan bersama," pinta Doni dalam keterangan rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

 Baca juga: Polisi Panggil Kadishub DKI Jakarta Terkait Penutupan Jalan Saat Acara Rizieq Shihab

Ia melanjutkan, data yang diterima Satgas Covid-19 per Kamis (19/11/2020) untuk wilayah Petamburan telah dilakukan swab test terhadap 15 orang.

Adapun dari 15 orang itu, terdapat 7 orang positif Covid-19 termasuk Lurah Petamburan. Untuk data Jumat (20/11/2020), hasil swab antigen yang diperiksa 559 orang dengan diketahui positif 20 orang.

Sementara laporan lainnya, Doni mengatakan bahwa terdapat 50 orang positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili di sekitar Tebet.

Untuk itu, Doni berharap kerjasama semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Baca juga: 4 Pernyataan Kontroversial Pangdam Jaya soal FPI dan Rizieq Shihab: Copot Baliho hingga Sindir Sosok Habib

Secara khusus, ia meminta para Ketua RT dan RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga yang beraktivitas pada kerumunan yang dimaksud.

Ia juga mengatakan, hingga kini Satgas tengah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 akibat adanya kerumunan tersebut.

"Hari ini kami telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten dan Jabar," tambah dia.

Sebelumnya, diberitakan dalam sepekan terakhir, terdapat sejumlah peristiwa yang menyebabkan munculnya kerumunan massa.

Baca juga: Kasatpol PP DKI: Banyak Baliho Rizieq Shihab Membahayakan karena Mau Jatuh

Salah satunya ialah penyambutan kedatangan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020).

Pada Selasa, kerumunan juga telah terjadi di sekitar kediaman Rizieq. Massa pendukung Rizieq berkumpul di sepanjang jalan KS Tubun, yang menjadi jalan akses ke rumahnya di Jalan Petamburan III.

Akibatnya, Jalan KS Tubun ditutup di dua arah. Begitu iring-iringan kendaraan Rizieq tiba di jalan itu, massa pun antusias.

Mereka saling dorong dan berdesakan untuk mendekat ke mobil yang membawa Rizieq. Sebagian dari mereka juga tidak mengenakan masker.

Kerumunan massa kembali terjadi saat FPI menggelar kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com