Satgas: Obat Penanganan Covid-19 Sudah Didistribusikan ke Dinkes 34 Provinsi dan 779 RS

Kompas.com - 13/11/2020, 23:15 WIB
Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers terkait Covid-19 Dokumentasi BNPBTim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers terkait Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Reisa Broto Asmoro mengatakan, obat untuk penanganan Covid-19 sudah didistribusikan ke 34 dinas kesehatan provinsi di Indonesia.

Obat tersebut telah didistribusikan per 4 November 2020 lalu. Tidak hanya ke 34 dinas kesehatan provinsi, tetapi juga ke lebih dari 700 rumah sakit di Indonesia.

"Per 4 November 2020, obat sudah didistribusikan ke 34 dinas kesehatan provinsi dan 779 rumah sakit," ujar Reisa dalam talkshow FMB9, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Jateng Tertinggi, Dinkes Sebut karena Gencar Tes Massal

Selain itu, kata dia, agar kebutuhan obat penanganan Covid-19 tersebut tetap terpenuhi hingga akhir tahun ini, pemerintah juga sudah menambah pengadaannya.

Pasalnya, hingga saat ini pandemi Covid-19 juga belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

Meskipun demikian, saat ini penyediaan jutaan obat untuk penanganan Covid-19 di Tanah Air berjalan lancar.

Kondisi tersebut membuat persediaan obat Covid-19 di Indonesia berada dalam kondisi yang aman dan mencukupi.

"Penyediaan stok jutaan obat untuk penanganan Covid-19 berjalan lancar, membuat suplai kita dalam kondisi aman dan cukup," ujar Reisa.

Reisa mengatakan, sebagian besar dari obat-obatan tersebut saat ini sudah diproduksi oleh industri farmasi nasional.

Bahan bakunya, kata dia, juga sudah masuk ke Indonesia sejak awal April.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X