KILAS

Sambut Pilkada 2020, Kominfo Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Kompas.com - 13/11/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi Pemilu di Masa Pandemi Covid-19 Dok. Humas KominfoIlustrasi Pemilu di Masa Pandemi Covid-19


KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik mengingatkan masyarakat pentingnya menyalurkan hak pilih dalam Pemilihan Serentak 2020.

Pasalnya, hak pilih merupakan hak yang melekat pada seorang warga negara untuk menentukan sendiri pemimpinnya.

"Terlebih, Pemilihan Serentak 2020 merupakan momen penting dalam memilih pemimpin rakyat untuk mengatur kehidupan warga di provinsi, kabupaten atau kota setempat selama lima tahun mendatang," tulisa Kominfo dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Hal itu juga penting karena masa depan daerah sangat tergantung pada pemimpin yang dipilih oleh warga dalam Pemilihan Serentak 2020.

Baca juga: Jelang Pilkada, Kominfo Minta Pemilih Gunakan Media Daring untuk Mengenal Calon Kepala Daerah

Sementara itu, pemimpin daerah sendiri merupakan instrumen dari rakyat dan perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam menyejahterahkan kehidupan masyarakat.

Oleh karenanya, sejak era demokrasi, rakyat diberikan kedaulatan penuh menentukan pemimpin dan nasib daerah masing-masing.

Namun, menurut Kominfo, kesuksesan kepemimpinan daerah sangat bergantung pada pemilih yang memiliki daulat penuh di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Kominfo juga berharap, pandemi Covid-19 diharapkan tidak menyurutkan niat pemilih untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilih.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X