Sebelum Pulang Ke Tanah Air, Jemaah Umrah Akan Jalani Swab Test di Saudi

Kompas.com - 07/11/2020, 06:22 WIB
Jemaah umrah perdana asal Indonesia tengah menunggu giliran swab test di hotel di Mekkah, Selasa (3/11/2020). Dokumentasi AmphuriJemaah umrah perdana asal Indonesia tengah menunggu giliran swab test di hotel di Mekkah, Selasa (3/11/2020).


JAKARTA, KOMPAS.com - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan, seluruh jemaah umrah asal Indonesia akan menjalani tes usab atau swab test Covid-19 sebelum pulang kembali ke Tanah Air.

Langkah itu merupakan aturan yang diatur oleh Otoritas Bandara Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) untuk mengetahui apakah ada jemaah umrah yang terpapar virus corona atau tidak.

"Kalau saya merujuk ke edaran GACA nomor 4/18098 memang kewajibannya adalah di-swab di Saudi sebelum kepulangan," kata Endang dalam diskusi virtual yang diselenggarakan AMPHURI, Jumat (6/11/2020).

Lanjutnya, untuk mendukung hal ini, pemerintah Arab Saudi juga telah menentukan 10-12 rumah sakit yang melayani swab test jemaah umrah asal Indonesia.

Namun, hal itu akan dilakukan apabila jemaah umrah yang akan swab test datang per orangan.

Selain jemaah umrah datang sendiri ke rumah sakit, petugas klinik yang telah ditentukan sebelumnya datang langsung ke lokasi jemaah umrah berkumpul.

"Kalau misalkan dikoordinir bisa saja mendatangkan klinik-klinik atau Kemenkes Arab Saudi yang bisa datang langsung," ujarnya.

Baca juga: Sebelum Kembali ke Indonesia, Jemaah Umrah Perdana Akan Jalani Swab Test?

Meski demikian, ia memastikan bahwa dalam surat tersebut telah tertulis jemaah umrah harus bisa menunjukkan hasil swab test Covid-19 sebelum kepulangan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaky Anshary mengatakan, jemaah umrah perdana asal Indonesia kemungkinan akan menjalani swab test sebelum pulang ke Tanah Air.

Informasi tersebut ia dapat dari Direktorat Bina Umrah dan Haji Kementerian Agama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X