Kompas.com - 06/11/2020, 08:40 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS/CARLOS BARRIA via DW INDONESIAPresiden Amerika Serikat Donald Trump.


JAKARTA, KOMPAS.com - Donald Trump tengah menjadi sorotan publik global ketika ia mengklaim kemenangannya dalam Pemilu Amerika Serikat sebelum semua suara selesai dihitung.

Klaim tersebut ia unggah di media sosial Twitter dan menjadi bahan pembicaraan publik global, bahkan hingga warganet Indonesia.

Ragam komentar yang ada dari warganet Indonesia pun tampaknya menarik minat South China Morning Post (SCMP) untuk menjadikannya satu berita khusus.

Baca juga: Pilpres AS: Pennsylvania Segera Umumkan Hasil Suara, Tim Kampanye Trump Optimistis Menang

Jurnalis SCMP Amy Chew menuliskan berita tersebut dengan judul "Prabowo US Version': Trump's Early Victory Call Gives Indonesians Sense of Deja Vu" pada Kamis (5/11/2020).

Ia menyebut bahwa banyak orang Indonesia yang merasa deja vu pada saat Trump mengklaim kemenangan, Rabu (4/11/2020) dini hari.

Bagaimana tidak? Belum lepas dari ingatan orang Indonesia bahwa tepat April tahun lalu, Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan saat ini, menyatakan dirinya sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden RI, sebelum penghitungan suara selesai.

SCMP juga mencatat, klaim Prabowo tersebut dilakukan setidaknya tiga kali. Prabowo mengatakannya dalam satu pidatonya.

"Kemenangan untuk seluruh rakyat Indonesia," sebut Prabowo kala itu seperti dikutip SCMP.

Namun, ketika semua suara telah dihitung, Joko Widodo yang merupakan calon petahana justru muncul sebagai pemenang.

Warganet Indonesia pun berkomentar dengan cepat di Twitter akan hal ini. Mereka sepakat, antara Trump dan Prabowo memiliki kemiripan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X