Menko PMK Minta BLT Dana Desa Disalurkan Hingga Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 05/11/2020, 16:04 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 RI secara virtual dengan mengenakan pakaian adat Pulau Rote, NTT, Senin (17/8/2020). Humas Kemenko PMKMenko PMK Muhadjir Effendy saat mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 RI secara virtual dengan mengenakan pakaian adat Pulau Rote, NTT, Senin (17/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyalurkan bantuan langsung tunai ( BLT) dana desa hingga akhir tahun ini.

"Agar BLT dana desa disalurkan hingga Desember 2020 untuk desa yang kehabisan dana," kata Muhadjir saat konferensi virtual, Kamis (5/11/2020).

Namun, sebelum dana tersebut disalurkan, ia meminta, agar dana tersebut diinventarisasi serta disalurkan melalui program bantuan sosial tunai (BST) yang ada di Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca juga: Lanjutkan Penyaluran Bansos, Pemerintah Perluas Cakupan Data

Muhadjir mengatakan, selama ini yang menjadi tulang punggung penyaluran bansos di tengah situasi pandemi adalah Kemensos. Sedangkan, Kementerian PDTT bertugas untuk mendampingi pelaksanaannya.

"Kemendes akan turun mem-back up apabila dana-dana bansos dari Kemensos habis atau selesai (disalurkan)," ujar dia.

Pengaturan itu dilakukan, agar tidak ada tumpang tindih di dalam proses penyalurannya. 

Selain itu, ia menambahkan, agar dana desa juga dapat dialokasikan untuk pembiayaan musyawarah desa.

"Tapi ini nanti akan dibicarakan lebih lanjut, apakah Pak Mensos akan menggunakan dana dari Kemensos atau dana yang sudah disediakan oleh Kementerian Desa," ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X