Menag: Semua Pemeluk Agama Harus Hormati Hak Beragama Orang Lain

Kompas.com - 03/11/2020, 15:47 WIB
Mentri Agama RI, Fachrul Razi semoat melepas masker sebelum wawancara dengan wartawan, namun segera mengenakannya lagi saat wawancara dor stop berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Islan Negeri (UIN) Mataram, Kamis (17/9/2020) Idham KhalidMentri Agama RI, Fachrul Razi semoat melepas masker sebelum wawancara dengan wartawan, namun segera mengenakannya lagi saat wawancara dor stop berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Islan Negeri (UIN) Mataram, Kamis (17/9/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Fahcrul Razi menekankan pentingnya seluruh umat beragama di Indonesia untuk saling menghormati hak setiap masyarakat dalam memeluk agama dan menjalankan kewajiban agamanya. 

 

Menurut dia, setiap pemeluk agama memiliki pandangan bahwa apa yang diajarkan di agamanya adalah ajaran yang paling benar. 

"Namun, sebaliknya, setiap pemeluk agama juga harus menghargai hak pemeluk agama yang lain, bahwa mereka pun berpandangan yang sama, bahwa agama yang mereka anut adalah agama yang paling benar dan baik," kata Fachrul dalam Webinar Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Agama RI, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Rakornas FKUB 2020, Menag: Indonesia Model Terbaik dari Konsep Masyarakat Multikultural

Meski demikian, ia menambahkan, perlu dipahami bahwa agama lahir sebagai sebuah misi mulia untuk memperbaiki ketidakadilan dan ketidakseimbangan yang terjadi pada suatu era.

Lebih jauh, ia mengatakan, saat ini Indonesia terus berupaya untuk mewujudkan kerukunan dengan berbagai cara.

Untuk itu, ia mengajak seluruh umat beragama agar berpegang teguh pada esensi ajaran semua agama yang mengajak pada kehidupan damai, toleran, adil, dan saling menghormati perbedaan.

Salah satu caranya, kata dia, pemerintah telah memfasilitasi keinginan masyarakat untuk membentuk Forum Koordinasi dan Konsultasi dengan memberdayakan peran strategis tokoh agama, adat, dan masyarakat.

Baca juga: Menag Terbitkan Keputusan, Ini Syarat dan Aturan Umrah pada Masa Pandemi

"Khususnya majelis dan organisasi keagamaan dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bersama. Forum itu bernama Forum Kerukunan Umat Beragama," tutur dia.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X