Pilkada Kota Makassar, Menilik Peluang Adik Menteri Pertanian

Kompas.com - 29/10/2020, 15:25 WIB
Irman Yasin Limpo mendaftar dan mengikuti penjaringan di kantor DPD Golkar untuk bakal calon Wali Kota Makassar. KOMPAS.COM/HENDRA CIPTOIrman Yasin Limpo mendaftar dan mengikuti penjaringan di kantor DPD Golkar untuk bakal calon Wali Kota Makassar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Makassar 2020 diwarnai nuansa politik dinasti. Hal itu terlihat dari keikutsertaan Irman Yasin Limpo dalam Pemilihan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Irman merupakan adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, Irman juga merupakan anak dari Nurhayati Yasin Limpo, anggota DPR RI 2004-2009. Sedangkan saudaranya, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, adalah Bupati Gowa.

Dilansir dari Tribunnews.com, Irman atau yang akrab disapa None ini sejak kecil bercita-cita menjadi presiden.

None kuliah dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum di Universitas Hasanuddin. Pria kelahiran Ujung Pandang 24 Agustus 1968 ini aktif mengikuti berbagai organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin selama dua periode berturut-turut.

Selain kuliah dan berorganisasi, Irman juga bekerja sebagai legal officer di di perusahaan milik salah satu kakaknya yang bergerak di bidang properti dan kontraktor.

Setelah lulus, Irman bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN). Ia tercatat pernah menjabat sebagai Kasubag Protokol Pada Bagian Umum Setwilda Tingkat II Gowa pada 1996.

Kemudian, pernah menjadi penanggungjawab Kepala Bagian Pemuda, Olahraga dan Peranan Wanita pada Biro Bina Sosial Setwilda Tingkat I Sulawesi Selatan pada 1998.

Pada 2001, ia menjabat sebagai Kasubag Bina Pemuda Pada Bagian Pemuda, Olahraga, Budaya dan Seni Biro Kesejahteraan Agama dan Pemberdayaan Perempuan.

Serta sempat menjabat sebagai Kabag Bina Hubungan Kelembagaan Pada Biro Bina Dekonsentrasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

None juga pernah menjadi Kabid Promosi Investasi pada Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kemudian pada 2016, None menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Selama menjabat sebagai kepala dinas pendidikan, None mendapat sejumlah penghargaan seperti pemrakarsa dan pelaksana bantuan studi S1 dan S2 bagi mahasiswa Sulawesi Selatan terbanyak pada 2016.

Kemudian rekor festival pelajar terbesar se-Sulawesi Selatan, pelaksana rekor diklat guru terbanyak dan beberapa penghargaan lainnya.

Maju Pilkada Kota Makassar

Saat masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, None menyatakan niatnya maju pada Pilkada Makassar 2020.

Ia mendaftar dan mengikuti proses penjaringan. None telah mengikuti fit and proper test di sejumlah partai, termasuk di kantor DPD 1 Golkar, Jalan Bontolempangan, Makassar, Selasa (29/10/2019).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X