Lili: KPK Tak Bisa Jalan Sendirian, Butuh Sinergi Aparat Penegak Hukum

Kompas.com - 21/10/2020, 18:11 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi Kinerja KPK Semester I 2020, Selasa (18/8/2020). Dokumentasi/Biro Humas KPKWakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi Kinerja KPK Semester I 2020, Selasa (18/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) mendorong aparat penegak hukum untuk berkolaborasi dalam melakukan kegiatan pemberantasan korupsi.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam acara Rapat Koordinasi bertama Pencegahan Korupsi Terintegrasi Wilayah Provinsi Bali di Mapolda Bali, Rabu (21/10/2020).

"Dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi, KPK tentu tidak bisa berjalan sendirian. KPK membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, terutama sesama APH (aparat penegak hukum)," kata Lili dikutip dari siaran pers, Rabu.

Lili mengatakan, kerja sama di bidang penindakan dapat dioptimalkan dengan penerapan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) Online.

Baca juga: KPK: Belum Ada Kesamaan Visi Aparat Penegak Hukum dalam Kasus Korupsi

Instansi penegak hukum juga diminta berkomitmen mendukung pelaksanaan program pencegahan korupsi internal instansi dengan melakukan empat hal.

Pertama, mendorong kepatuhan aparat penegak hukum dalam pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Kedua, pengendalian gratifikasi di lingkungan APH.

Ketiga penertiban aset-aset yang bermasalah secara perdata dan tata usaha negara. Keempat, perbaikan pada layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

"Kami juga meminta APH membantu program pendidikan, sosialisasi, dan kampanye antikorupsi kepada masyarakat," kata Lili.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X