Bio Farma Sebut Bisa Produksi Vaksin Covid-19 16 sampai 17 Juta Dosis per Bulan

Kompas.com - 19/10/2020, 15:18 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, pihaknya mampu memproduksi 16 sampai 17 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan bersama Sinovac Biotech.

Bambang mengatakan, produksi vaksin Covid-19 bisa dilakukan setelah mendapatkan izin produksi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami lakukan produksi itu kira-kira 16 sampai 17 juta per bulan (vaksin) yang bisa diproduksi," kata Bambang dalam talk show BNPB bertajuk 'Menjemput Asa Vaksin Covid-19' melalui YouTube, Senin (19/10/2020).

Baca juga: 1.620 Relawan Sudah Disuntik Calon Vaksin Covid-19

Namun, kata Bambang, persiapan produksi akan dilakukan sejak awal November dan Desember karena masih perlu dilakukan pengujian untuk memastikan kualitas dari dosis vaksin.

"Tapi uji-uji dulu sebelum dilakukan produksi, ada stability, ada politic control, semua ini harus dilakukan secara hati-hati untuk menjaga mutu keamanan dari vaksinnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, seluruh bahan untuk calon vaksin Covid-19 itu akan dikirimkan secara bertahap dari Sinovac.

"Kan tidak mungkin semuanya datang kemudian diproduksi, ini datang secara bertahap tergantung dari ketersediaan atau supply dari Sinovac Biotech," pungkasnya.

Baca juga: Sri Mulyani Curhat Soal Kendala Distribusi Vaksin Covid-19

Adapun sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah mengamankan stok vaksin Covid-19 bagi 135 juta orang pada 2021.

Hal itu disampaikan Airlangga usai rapat bersama Presiden Joko Widodo secara virtual, Senin (12/10/2020).

"Dalam perencanaan untuk tahun 2021 itu sudah secure untuk kebutuhan 135 juta orang. Jumlah vaksin sekitar 270 juta dosis untuk 2021. Sisanya nanti terus didorong untuk 2022," kata Airlangga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X